Teknik Dasar Public Speaking Agar Tidak Gugup

- Senin, 4 April 2022 | 12:00 WIB
Illustrasi tips sukses menjadi Public Speaking yang mahir (pixabay)
Illustrasi tips sukses menjadi Public Speaking yang mahir (pixabay)

Bisnis Bandung - Tentu saja seni Public Speaking atau berbicara di depan umum bagi sebagian orang tidak lah mudah. Rasa gugup & ketakukan akan kesalahan menjadi penghambat saat berbicara di depan umum

Tetapi tuntutan pekerjaan mengharuskan kita melakukannya, seperti menjadi pemimpin rapat, pemateri, presentasi, berpidato atau bahkan memandu sebuah acara. Hal tersebut perlu penguasaan tehnik berbiacara di depan umum atau Public Speaking.

Nah bagaimana caranya agar kita mampu berbicara didepan umum?!

1. Kendalikan rasa gugup
Rasa gugup adalah suatu hal yang wajar dialami oleh setiap orang, namun itu seperti peperangan yang harus di kalah kan oleh diri kita sendiri.

Baca Juga: Belajar Memaknai Intoleransi, Popularitas, Healing Dari Pemikiran Habib Husein Jafar

2. Percaya diri
Sebelum kita mampu dipercaya oleh orang lain. Seharusnya kita mampu mempercayai diri sendiri. Percayadiri merupakan hal yang sangat mendasar dan penting saat berbicara di depan umum. Tanpa rasa percayadiri materi yang kita berikan akan sulit diterima. Karna adanya keraguan saat penyampaian materi.

3. Tersenyum
Ternyata tersenyum mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah saat kita merasa gugup. Dengan tersenyum membuat kerja otak dan Otot wajah kita lebih relax sehingga dapat meningkatkan konsentrasi kembali.

4. Kuasai Materi
Layaknya sebuah senjata, materi perlu kita kuasai. Asah materi dengan informasi-informasi yang terupdate dan bisa di pertanggungjawabkan sumbernya.

5. Kenali audience
Jangan lupa bahwa kita mempunyai suatu tujuan saat berbicara di depan umum. Yang sering kali di sepelekan yaitu audience. Untuk itu kita perlu mengenali latarbelakang audience agar bahasa yang kita sampaikan dapat mudah mereka pahami.

Baca Juga: Ada 3 Tips Diet yang Bisa Dilakukan Sebelum Tidur

6. Berlatih
Jangan pernah merasa cukup dengan apa yang kita kuasai. Berlatih bukan sesuatu hal yang menjadikan kita tidak profesional. Jangan ragu untuk mencatat dan memperatikan materi-materi yang telah kita susun.

7. Olah vokal
Tidak hanya penyanyi saja yang harus berolah vocal. Sebagai pembicara atau public speaker , di perlukan latihan olah vocal. Agar intonasi, Artikulasi dan pernafasan dapat di atur sehingga akan memudahkan kita saat berbicara.

8. Ekspresi
Erat kaitannya ekspresi dengan Public Speaking karena ekspresi bisa membawa suasana menjadi lebih nyaman untuk audience. Jika pembawaan kita terlalu kaku atau bahkan tidak ada ekspresi saat berbicara, membuat audience merasa kurang yakin akan penyampaian pembicara.

9. Body language
Saat menjadi Public Speaking perhatikan posisi tubuh kita, gerakan badan dan tangan hingga saat kita melangkah harus sesantai mungkin tetapi jangan berlebihan. Begitupun saat menatap audience, jangan menghindar untuk berkontak mata.

Baca Juga: Main Game Jadi Jago Bahasa Inggris


Itulah kunci-kunci sukses saat berbicara di depan umum atau Public Speaking. Melakukan sesuatu hal yang belum kita kuasai memang sangat lah sulit.

Tidak ada salahnya untuk mencoba dan belajar. Mengasah kemampuan kita harus selalu kita lakukan.

Karena ketika kesempatan itu hadir dan kita terima dengan penerimaan ilmu-ilmu maka itu akan menjadi sebuah kesuksesan. Sehingga tujuan dari Public Speaking atau berbicara di depan umum akan tercapai.***

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X