Tragedi Kanjuruhan akan Diusut! Berikut ini Sanksi yang Siap Menanti Arema FC dan Panpel

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 13:00 WIB
Tragedi di Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu tragedi kemanusiaan yang menarik perhatian banyak pihak (Instagram/@pssi)
Tragedi di Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu tragedi kemanusiaan yang menarik perhatian banyak pihak (Instagram/@pssi)

Bisnis Bandung - Kerusuhan sepakbola yang memakan korban jiwa kembali terjadi di Liga Indonesia, menyusul kekalahan Arema FC atas Persebaya 2-3 pada laga yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10).

Sampai berita ini diturunkan sudah 180 orang dipastikan meninggal yang diakibatkan sesak nafas dan kehabisan oksigen saat oknum Aremania bentrok dengan aparat.

Pada konferensi pers yang digelar oleh Sekretariat Presiden, Minggu (2/10), Presiden Jokowi nampak sangat menyayangkan kejadian tersebut.

Baca Juga: Coki Pardede Bebas: 1 Tahun Gak Disubsidi Program Rehab, Mari Kita Memperkaya Diri

“Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan” tegas Presiden Jokowi.

“Saya menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-saudara kita dalam tragedi sepakbola di Kanjuruhan Malang Jawa Timur”, tambahnya.

Sebenarnya banyak hal yang janggal pada saat pelaksanaan pertandingan ini, dimulai dari usulan Arema FC yang meminta pertandingan sore hari namun ditolak oleh PT LIB.

“Sebenarnya, sejak sebelum pertandingan pihak aparat sudah mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan. Misal, pertandingan agar dilaksanakan sore hari (bukan malam), jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion, yakni 38 ribu orang” Kata Menkopolhukam Mahfud MD pada pernyataannya di Instagram.

Baca Juga: Deadpool 3 Bakal Lanjut di MCU, Apakah Wolverine Versi MCU Akan Muncul?

Secara terpisah Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga akan menindak tegas Arema FC, seperti disampaikan pada laman resmi PSSI, Minggu (2/10).

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X