Maratua, Salah Satu Surga Wisata di Utara Indonesia

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Pesona wisata Maratua (Kaltimprov.go.id)
Pesona wisata Maratua (Kaltimprov.go.id)

Bisnis Bandung - Maratua, pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Derawan Kabupaten Berau, dan juga salah satu pulau terluar di Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan Filipina Selatan dan Sabah, Malaysia Timur.

Pulau yang memiliki luas 384,36 km2 dan lautnya 3.735,18 km2 ini sudah dikenal sebagai tempat wisata bahari yang menampilkan keindahan alam dan juga dihuni oleh berbagai macam biota laut. Terdapat juga pohon bakau atau mangrove dan juga pohon kelapa seolah sebagai pagar di pulau itu. 

Bagi yang pernah berwisata ke Maratua pasti kagum, memuji dan sangat terkesan dengan keindahan alamnya. Mereka pasti akan mengatakan, Maratua wajib dikunjungi karena kaindahannya tak kalah dibandingkan dengan wisata lain di Indonesia, bahkan dunia.

Baca Juga: Heri Sapari, Drs., M.IP: Kekuasaan Sudah Menjadi Kaisar dalam Dunia Politik

Jika kalian ingin liburan, kalian tak perlu khawatir karena di pulau ini berdiri sejumlah resort dan cottage antara lain Maratua Paradise Resort, Pratasaba di Payung-payung, dan masih banyak lagi yang umumnya dikunjungi wisatawan asing.

Sementara jika ingin berbaur dengan masyarakat sekitar kalian juga bisa menginap disana. Karena di perkampungan itu juga terdapat homestay milik masyarakat.

Bahkan Pemerintah Negara Seysheles Afrika beberapa menawarkan kerjasama dengan Pemprov Kaltim untuk membantu jaringan listrik PLTS, sanitasi, pengelolaan sampah dan green house senilai Rp50 miliar sehingga dapat memajukan pariwisata di Maratua khususnya

Jika kalian ingin berlibur kesana kalian dapat memilih beberapa alternatif rute perjalanan. Kalian bisa melalui jalur laut dan jalur udara.

Untuk jalur laut, kalian dapat memulai perjalanan dari Kota Tarakan. Setelah itu naik pesawat dengan tujuan Bandara Tanjung Redeb yang berada di Kabupaten Berau.

Sesampai di Tanjung Redeb, kalian dapat menyeberang ke Pulau Maratua menggunakan speed boat. Perjalanan dari Tanjung Redeb ke lokasi pulau membutuhkan tiga jam dengan kecepatan sedang. kalian bisa sambil menikmati birunya laut selama perjalanan.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: Kaltimprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB

Maratua, Salah Satu Surga Wisata di Utara Indonesia

Minggu, 16 Oktober 2022 | 11:00 WIB

Berburu Spot Foto Estetik di Bali

Minggu, 16 Oktober 2022 | 10:00 WIB
X