Mengenal Pasar Benteng Pancasila, Magnet Ekonomi Baru di Kota Mojokerto

- Senin, 4 Juli 2022 | 18:00 WIB
Pasar Benteng Pancasila yang dibangun Kementerian PUPR menjelma menjadi magnet ekonomi baru di Kota Mojokerto (dok. Kementerian PUPR)
Pasar Benteng Pancasila yang dibangun Kementerian PUPR menjelma menjadi magnet ekonomi baru di Kota Mojokerto (dok. Kementerian PUPR)

Bisnisbandung.com – Pasar Benteng Pancasila yang terbakar pada 2017 silam di Kota Mojokerto, Jawa Timur, kini menjelma menjadi pasar yang menarik. Pasar Benteng Pancasila kini tampil apik dan menjadi magnet ekonomi.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rekonstruksi Pasar Benteng Pancasila yang dimulai tahun anggaran (TA) 2020. Pembangunan tersebut merupakan bagian upaya pemerintah pusat mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di Provinsi Jawa Timur.

Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp1,7 triliun untuk membangun/merehabilitasi 21 pasar pada periode 2019-2020, Satu diantaranya adalah Pasar Benteng Pancasila.

Baca Juga: Hadapi Tantangan Pemulihan Ekonomi, Anggasa Wijaya Siap Berkontribusi Melalui HIPMI Kota Bandung

Selain Pasar Benteng, Kementerian PUPR juga telah merampungkan rekonstruksi 2 pasar lain di Jawa Timur antara lain Pasar Legi di Kabupaten Ponorogo serta Pasar Pon di Trenggalek yang rusak terbakar 2018.

Pembangunan pasar oleh Kementerian PUPR merupakan bagian instruksi Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pembangunan pasar selama Pandemi COVID-19 telah dilaksanakan sesuai dengan Instruksi Menteri (Inmen) No 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi. Protokol yang dilakukan antara lain pembatasan jumlah dan jarak orang, pengaturan shift kerja, dan penggunaan masker bagi pekerja konstruksi.

Untuk Pasar Benteng, seluruh pedagang telah menempati kios pasar pada 2020 yang menunjang aktivitas jual beli Pasar Benteng Pancasila terus bergeliat sehingga mendorong perekonomian di Kota Mojokerto pascapandemi COVID-19.

Baca Juga: Elon Musk Ungkapkan Kekhawatirannya Terhadap Ekonomi Amerika Serikat, Presiden Joe Biden Beri Tanggapan

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X