Berziarah di Makam Sunan Gunung Djati

- Selasa, 5 April 2022 | 21:06 WIB
Makam Sunan Gunung Djati. (Dok. disbudparpora.cirebonkab.go.id)
Makam Sunan Gunung Djati. (Dok. disbudparpora.cirebonkab.go.id)

Bisnis Bandung - Perkembangan Islam di Pulau Jawa,tidak bisa dilepaskan begitu saja dari Wali Songo,sembilan wali ini merupakan penyebar agama Islam di Pulau Jawa saat itu.

Salah satu dari kesembilan wali tersebut menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Barat. Selain sebagai pemimpin spiritual,beliau juga dikenal sebagai salah satu sultan kerajaan Islam Cirebon.

Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal sebagai Sunan Gunung Djati,ialah sultan yang membawa kerajaan Cirebon dalam kemasyuran. Sepeninggal beliau kerajaan Cirebon menjelma menjadi salah satu kerajaan besar diwilayah pesisir pantai utara Jawa. Letaknya yang strategis sebagai salah satu pelabuhan perdagangan penting di abad 15-16 masehi, menyebabkan Cirebon tampil sebagai salah satu kerajaan yang diperhitungkan.

Baca Juga: Melepas Penat di Talaga Surian Kuningan

Makam Sunan Gunung Djati terletak di bukit Gunung Sembung,sebagai salah satu dari Wali Songo makam beliau merupakan salah satu destinasi wisata ziarah bagi kalangan umat muslim.

Hampir sepanjang tahun tempat ini tidak pernah sepi dari para peziarah,mereka datang bukan hanya dari seputaran Jawa Barat saja,namun dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Ada 9 pintu yang terdapat dalam Makam Sunan Gunung Jati, yaitu:

1)Pintu Gapura,
2)Pintu Krapyak,
3)Pintu Pasujudan,
4)Pintu Ratnakomala,
5)Pintu Jinem,
6)Pintu Rararoga,
7)Pintu Kaca,
8)Pintu Bacem dan
9)Pintu Teratai.

Baca Juga: Memuaskan Hobi di muara Cijeruk, Garut Selatan

Para pengunjung atau peziarah hanya diperkenankan masuk sampai di pintu ke-5 saja. Pintu ini pada waktu-waktu tertentu dibuka dan dijaga selama beberapa menit kalau-kalau ada yang ingin menerobos masuk.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X