Bikin Penasaran, Curug Seke Potensi Wisata Tersembunyi di Sumedang

- Selasa, 29 Maret 2022 | 06:22 WIB
Curug Seke merupakan wisata air terjun tersembunyi di Sumedang. (Bisnisbandung.com/ Irfan Sonjaya)
Curug Seke merupakan wisata air terjun tersembunyi di Sumedang. (Bisnisbandung.com/ Irfan Sonjaya)

Bisnis Bandung - Kabupaten Sumedang memiliki Visual lansekap yang didominasi oleh pegunungan,tidaklah mengherankan apabila potensi wisata di wilayah ini secara garis besar berupa wisata alam.

Wisata alam di Sumedang cukup banyak yang sudah di kelola dengan serius,namun banyak pula potensi potensi wisata alam ini belum di garap dengan serius.

Salah satu potensi wisata alam tersembunyi di Sumedang ialah Curug Seke,secara administratif termasuk kedalam wilayah desa Cimarias kecamatan Pamulihan.

Baca Juga: Manfaat Menyimpan Bawang Putih di Bawah Bantal Saat Tidur

Dari pusat kota Sumedang hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk mencapai lokasi.Sebagai mana di singgung di muka potensi wisata alam ini belum digarap serius.

Sesampainya di desa Cimarias,kita harus berjalan kaki untuk menuju lokasi menyusuri lahan persawahan.

Dari lokasi jalan desa Cimarias, curug ini hanya berjarak lebih kurang 500 meter.Setelah menembus lahan persawahan tidak begitu lama kita akan sampai di lokasi Curug.

Baca Juga: 3 Destinasi Wisata Terkini Pantai Pangandaran

Curug Seke memiliki ketinggian lebih kurang 30 meter dengan debit air cukup deras,ada beberapa undakan di bawah aliran air curug tersebut.

Pemandangan di lokasi curug masih alami,kita bisa melihat rerimbunan pohon berpadu dengan lahan persawahan.

Dilokasi belum tersedia fasilitas penunjang wisata,oleh karena itu jika berkunjung ke curug ini wajib untuk membawa bekal makanan dan minuman.

Baca Juga: Bisnis Menggiurkan Mangga Gedong Gincu, Tembus Pasar Timur Tengah dan Asia

Aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi curug berupa menikmati kesegaran udara,berswafoto dengan latar curug ataupun bermain main air,namun kegiatan main air ini harus dilakukan dengan hati hati karena kadang kala aliran airnya menjadi lebih besar terutama ketika musim penghujan.

Dengan segenap potensinya curug Seke bisa menjadi salah satu lokasi favorit para pelancong,terutama yang menyukai aktivitas di alam terbuka.

Ditemui di lokasi Curug Seke,kepala desa Cimarias mengatakan kedepan dengan dibantu swadaya masyarakat,akan membangun berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung,seperti saran parkir,toilet,dan tempat penjualan makanan dan minuman yang berasal dari warga masyarakat setempat, sehingga bisa membuka lahan pekerjaan baru bagi masyarakat desa Cimarias.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Keren! 7 Tempat Terindah Di India Bagi Pecinta Alam 

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:30 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X