Bisnis Menggiurkan Mangga Gedong Gincu, Tembus Pasar Timur Tengah dan Asia

- Senin, 28 Maret 2022 | 08:20 WIB
 mangga gedong gincu asal Majalengka  bisa menembus pasar dunia.  (Bisnisbandung.com/Irfan Sonjaya)
mangga gedong gincu asal Majalengka bisa menembus pasar dunia. (Bisnisbandung.com/Irfan Sonjaya)

Bisnis Bandung - Dikutip dari https://ejurnal.litbang.pertanian.go.id,dari perspektif sejarah, Awaliyah (2018)menyebutkan bahwa mangga gedong awalnyahadir di wilayah Cirebon dan sekitarnya.

Benih pohon mangga gedong dibawa orang India ketika berdagang ke wilayah Cirebon dan sekitarnya. Benih pohon mangga tersebut ditanam di lahan atau pekarangan keraton-keraton kerajaan dan rumah gedong sehingga disebutlah mangga gedong.

Mangga Gedong Gincu adalah salah satu komoditas pertanian unggulan Kabupaten Majalengka. Tidak hanya terkenal di pasar dalam negeri, mangga Gedong Gincu telah menembus pasar luar negeri di Negara-negara Timur Tengah dan Asia.

Baca Juga: Nikmatnya Menyantap Makanan Vietnam Ho Chi Minh City Begitu Semarak dan Indah

Rasanya yang manis dan segar dengan sedikit asam serta warna kulit yang kuning kemerahan adalah daya tarik utama buah khas Majalengka ini.

Mangga gedong gincu mungkin bisa ditanam di daerah lainnya diluar Majalengka,namun untuk rasa serta bentuk hanya mangga gedong gincu dari Majalengka saja yang berkualitas super.

Tidak diketahui sejak kapan manga gedong gincu ada di Majalengka,namun keberadaan Pohon mangga di samping Pendopo Gedung Negara Majalengka. Di sana terdapat dua pohon mangga yang cukup tinggi dan besar yang entrinya kerap diambil untuk ditangkar oleh Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka serta para penangkar dari berbagai wilayah.

Baca Juga: Dampak Pariwisata Indonesia Akibat Virus Corona

Tidak jelas siapa yang menanam kedua pohon mangga tersebut dan berapa tahun usianya. Hanya memang kedua pohon mangga tersebut ukurannya cukup besar, dahannya saja diperkirakan mencapai diameter kurang lebih satu meteran.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X