Tradisi Luhur Dalam Pembuatan Kecap Asli Majalengka

- Sabtu, 2 April 2022 | 19:00 WIB
Kecap asal Majalengka ini cukup melegenda, karena usianya yang sudah puluhan tahun dan diproduksi secara tradisional. (Pixabay)
Kecap asal Majalengka ini cukup melegenda, karena usianya yang sudah puluhan tahun dan diproduksi secara tradisional. (Pixabay)


Bisnis Bandung - Kota Majalengka yang selama ini dikenal dengan julukan Kota Pensiunan, dalam lima tahun terakhir mulai memiliki magnet sebagai daerah tujuan wisata minat khusus.

Selain gedung-gedung tua peninggalan tuan tanah dan perkebunan tebu, pabrik-pabrik kecap tradisional yang hingga kini masih bertahan, juga menjadi salah satu tujuan berwisata.

ada oleh-oleh cukup legendaris yang bisa dibawa ke kota asal, yaitu kecap.Ya, kecap asli Majalengka. Demikian orang menyebutnya, kecap di kota Majalengka cukup melegenda, karena usianya yang sudah puluhan tahun dan diproduksi secara tradisional.

Baca Juga: Eksplorasi Wisata Minat Khusus di Tebing Alam

Selain itu, cita rasa kecap juga benar-benar khas. Salah satu kecap legendaris asal majalengka ialah kecap dengan merk cap segitiga.

Asal mulanya Perusahaan Kecap Segitiga itu mulai dirintis alias dibentuk sejak tahun 1958 oleh H. Lukman, dengan menggunakan suatu peralatan yang masih sederhana sekali  atau bisa dikatakan tradisional, juga masih bersifat industri rumah.

Pada waktu  itu sarana dan peralatan yang digunakan oleh H. Lukman ini hanyalah sebuah dapur pemasakan atau tempat penggodokan dan cara penjualannya pun masih  menggunakan tenaga salesman dengan cara berjalan kaki dan memakai sepeda yang ditawarkan dari rumah ke rumah, dari toko ke toko atau pedagang bakso yang terletak disekitar lokasi perusahaan dan produk yang dijual hanya kecap rasa asin saja yang dikemas dalam botol kecil yang berisi 250cc.

Baca Juga: Unik, Sambut Ramadhan Warga Adat Miduana Gelar Kuramasan Di Sungai Cipandak

Bentuk perusahaan kecap ini adalah milik perorangan artinya tidak ada “direkturnya”, adapun kecap dari hasil perusahan ini diberi gambar atau lambang cap “SEGITIGA”, karena pada waktu mendirikan perusahaan, terdapat kesepakatan atau semacam perjanjian diantara tiga orang saudara yaitu H. Lukman sebagai orang yang menyediakan modal, Endek sebagai orang yang memproduksi serta Aman sebagai orang yang memasarkan kecap dari hasil kerja sama mereka.

Seiring perjalananan waktu,saat ini kecap segitiga memproduksi 3 jenis kecap yaitu, kecap asin, manis sedang, dan kecap manis. Pada tiga rasa itu, cita,rasa kedelai hitamnya benar-benar terasa.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X