Eksplorasi Wisata Minat Khusus di Tebing Alam

- Sabtu, 2 April 2022 | 17:11 WIB
Kegiatan memanjat tebing pada awalnya merupakan bagian dari kegiatan menantang adrenalin yang dilakukan oleh para petualang. (Bisnisbandung.com/Irfan Sonjaya)
Kegiatan memanjat tebing pada awalnya merupakan bagian dari kegiatan menantang adrenalin yang dilakukan oleh para petualang. (Bisnisbandung.com/Irfan Sonjaya)


Bisnis Bandung - Wisata minat khusus merupakan sebuah kegiatan berwisata yang dilakukan oleh sekelompok pelancong,biasanya kegiatan wisata ini berbeda dengan kegiatan wisata biasa.

Bisa diartikan kegiatan wisata ini membutuhkan kesiapan lebih dari para pelakunya.Sebagai contoh kegiatan wisata minat khusus ialah wisata arung jeram,wisata eksplorasi gua,wisata pendakian gunung dan wisata menyelam.Kegiatan wisata ini pada umumnya dilakukan oleh para pecandu menantang adrenalin.

Dari sekian banyak wisata minat khusus kegiatan memanjat tebing alam termasuk kedalamnya.

Baca Juga: Unik, Sambut Ramadhan Warga Adat Miduana Gelar Kuramasan Di Sungai Cipandak

Kegiatan memanjat tebing pada awalnya merupakan bagian dari kegiatan menantang adrenalin yang dilakukan oleh para petualang.

Namun pada kenyataannya keahlian memanjat tebing ini terutama tebing alam diaplikasikan juga dalam dunia militer. Seiring perkembangan waktu ada sebuah trend yaitu melakukan pemanjatan tebing alam sebagai sarana berwisata.

Kegiatan ini mulai marak dilakukan beberapa tahun terakhir.Untuk wilayah Jawa Barat sendiri banyak sekali lokasi pemanjatan tebing alam dengan morpologi batuan karst,salah satunya terletak diwilayah kabupaten Bandung Barat,lebih tepatnya dikawasan Citatah.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung yang Instagramable

Kawasan ini sudah sejak dulu digunakan sebagai sarana latihan bagi para pemanjat baik itu pemanjat pemula maupun professional.

Secara ekosistem kawasan karst adalah kawasan penting,kawasan ini merupakan salah satu sarana menangkap air hujan sehingga cadangan air dalam tanah terus terjaga.

Sebagai contohnya kawasan Gunung Kidul yang dipermukaannya gersang ternyata memiliki sumber air tanah melimpah,begitu pula Citatah disini terdapat sebuah kawasan dengan sumber air tanah cukup banyak yaitu di daerah Gunung Hawu.

Baca Juga: Covid Berakhir, Bisnis Wisata Petualangan Semakin Cerah

Untuk berwisata memanjat di Citatah tidaklah sulit, apabila kita menyewa operator dengan guide guide professional dibidang memanjat tebing alam.

Biasanya mereka akan membawa kita menuju tebing 125,tebing ini sangat mudah dijangkau lokasinya tepat dipinggir jalan Bandung Cianjur. Dari pinggir jalan hanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk sampai dimuka tebing.

Para operator ini menyediakan segala keperluan untuk memanjat,jadi kita sebagai konsumen tinggal memakai semua peralatan safety prosedur memanjat dengan lengkap.

Baca Juga: Bisnis Menggiurkan Mangga Gedong Gincu, Tembus Pasar Timur Tengah dan Asia

Cukup banyak jalur pemanjatan tersedia disini mulai dari jalur untuk pemula sampai dengan professional,tingkat kesulitannya mulai yang paling mudah hingga jalur tersulit.

Para penikmat tarian anti gravitasi diketinggian batuan kapur Citatah mengaku,mereka sangat tertantang menyelesaikan jalur jalur pemanjatan. Sehingga merak kerap kali kembali untuk melakukan pemanjatan.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Inilah 8 Tips Liburan Hemat dan Terjangkau

Rabu, 28 Desember 2022 | 18:45 WIB

Keren! 7 Tempat Terindah Di India Bagi Pecinta Alam 

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:30 WIB

Gunung-gunung di Jawa Barat Yang Menarik Untuk Didaki

Selasa, 1 November 2022 | 10:30 WIB

Deretan Makanan Oleh-Oleh Cianjur, Wajib dicoba

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:00 WIB
X