3 Langkah Dalam Menentukan Harga Jual Agar Bisnis Selalu Cuan

- Sabtu, 22 Oktober 2022 | 14:00 WIB
Ilustrasi Setiap peluang bisnis memiliki kesulitan dan setiap kesulitan di dalamnya mempunyai peluang menghasilkan keuntungan (Pexels)
Ilustrasi Setiap peluang bisnis memiliki kesulitan dan setiap kesulitan di dalamnya mempunyai peluang menghasilkan keuntungan (Pexels)

Bisnis Bandung - Pada era millenial ini, tak sedikit anak muda yang terjun untuk membuka bisnisnya sendiri, dan yang paling populer adalah bisnis di bidang kuliner.

Tak jarang juga anak muda mecoba peruntungan dengan membuka bisnis wirausaha dikarenakan beberapa faktor.

Faktor utama dari penyebab anak muda membuka bisnis ialah banyaknya figur publik yang membuka bisnis atau menjadi brand ambassador di bidang kuliner.

Tentunya hal ini turut menginspirasi dan mendorong anak muda tertarik membuka bisnis kuliner juga

Nah, jika saat ini kamu sebagai anak muda juga tertarik membuka bisnis kuliner, ada baiknya sebelum memulai usaha kuliner menentukan harga jual yang ideal bagi konsumen. Untuk menentukan harga jual, ada 3 langkah yang harus kamu perhatikan agar usahamu bisa berkembang. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kucing Punya Hobi Tidur, Nomor 6 Sering Kita Lihat

1. Pahami dahulu faktor pendukung
Ada beberapa faktor pendukung yang harus kamu ketahui dan pahami, hal ini berguna agar perhitungan dan penentuan harga bisa lebih maksimal.
Faktor-faktor tersebut antara lain modal yang kamu siapkan, konsumen yang menjadi target penjualan, harga jual dari kompetitor lain dan keuntungan yang ingin kamu dapatkan.

2. Menentukan harga jual
Setelah kalian mengetahui dan memahami faktor-faktor pendukung tersebut, maka langkah berikutnya kamu bisa menerapkan metode yang paling tepat agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang dijual. Ada empat metode yang bisa kamu terapkan, apa saja itu?

Pertama adalah Mark-Up Pricing, yaitu penetapan harga jual dengan menambahkan persentase keuntungan dari total modal yang dikeluarkan sehingga bisa mendapat keuntungan sesuai yang kita harapkan.
Metode ini biasanya digunakan untuk menentukan harga jual makanan ringan maupun minuman kemasan. Tapi yang perlu diperhatikan dalam melakukan 
mark-up agar tidak melebihi harga rata-rata dan daya beli konsumen yang ditargetkan.
Rumus mark-up pricing:
Harga Jual = Modal + (Modal x Persentase Mark-up)

Baca Juga: Resesi di Depan Mata?, Simak Pendapat Bank of America dan JP Morgan Tentang Ekonomi Amerika Serikat

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: niagahoster.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mageran? 5 Cara Biar Dapet Duit Sambil Tiduran

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:30 WIB
X