Ingin Tingkatkan Omzet? Simak Tips untuk UMKM dari Salah Satu E-Commerce Terbesar di Indonesia

- Senin, 6 Juni 2022 | 16:07 WIB
Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. (dok.Tokopedia)
Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. (dok.Tokopedia)

Bisnis Bandung - Sejumlah pegiat UMKM lokal mengatakan bahwa dibutuhkan strategi yang mumpuni untuk mempertahankan omzet bahkan meningkatkannya.

Tokopedia sebagai rumah bagi sekitar 12 juta penjual yang hampir 100%nya UMKM lokal pun membagikan lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet:

1. Evaluasi dan Analisis Pasar - Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan

Baca Juga: Simak 5 Cara Hasilkan Passive Income Ramah Pemula ala Tokopedia

2. Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis - Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia.

Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

3. Pertajam Strategi Promo - Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi.

Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan.

"Penjual juga dapat mengaktifkan fitur yakni bebas ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” kata Vice President of Logistics Tokopedia, Edwin Mailoa.

4. Manfaatkan Gudang Pintar - Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang Tokopedia yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: press release

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X