Ketua DPD PDI Perjuangan, Ono Surono: Pancasila Jalan Keselamatan Berbangsa

- Rabu, 1 Juni 2022 | 15:01 WIB
Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono memberikan bantuan kepada warga Desa Sukajadi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Rabu (1/6) (dok.Humas DPD PDIP Jabar)
Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono memberikan bantuan kepada warga Desa Sukajadi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Rabu (1/6) (dok.Humas DPD PDIP Jabar)

Bisnis Bandung - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono memimpin upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 di Lapangan Desa Sukajadi Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor, Rabu (1/6).

Tak hanya menggelar upacara, PDI Perjuangan Jabar juga membagikan 200 paket sembako untuk masyarakat Desa Sukajadi dan santunan untuk 100 anak yatim.

Dalam kesempatan tersebut Ono mengatakan bulan Juni ini, ingatan kita diajak mengembara pada sosok besar putra utama yang pernah dimiliki bangsa ini. 

Bulan Juni ini juga memiliki arti besar bagi bangsa ini. 

"Pada bulan Juni pulalah lahir seorang pejuang besar yang namanya menggetarkan langit – langit kaum penjajah dan membuat sulit tidur para penjajah itu. Bukan hanya di Indonesia saja nama ini mengetarkan bahkan sampai Asia – Afrika, nama pejuang besar ini dikenal dan menginspirasi banyak negara jajahan memerdekakan diri," kata Ono.

Baca Juga: Kader PDIP: Penunjukkan LBP itu Hak Preogratif Presiden, Soliditas dan Kreadibiltas Menteri Dikabinet

Ono mengatakan bulan Juni adalah bulannya Bung Karno sang patriot putra utama yang dilahirkan dari bumi pertiwi ini.

Selain itu, kata Ono, pada bulan Juni pula kita kembali diingatkan akan sebuah peristiwa yang memiliki pengaruh besar dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia, yaitu pidato  Ir. Soekarno yang disampaikan di hadapan sidang BPUPK pada tanggal 1 juni 1945. 

"Dalam pidato tersebutlah pertama kali publik secara luas mengenal kata Pancasila setelah sebelumnya kata ini mungkin hanya dikenal dikalangan terbatas, yaitu peminat budaya dan sejarah," tutur anggota Komisi IV DPR RI ini

Ono mengatakan, tanggal 1 Juni kemudian ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: press release

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X