4 Curug dengan Ketinggian lebih dari 50 Meter di Jawa Barat

- Sabtu, 23 April 2022 | 09:00 WIB
Curug Cimarinjung termasuk kedalam wilayah Geopark Ciletuh (Irfan Sonjaya)
Curug Cimarinjung termasuk kedalam wilayah Geopark Ciletuh (Irfan Sonjaya)

Bisnis Bandung - Potensi alam Jawa Barat sangat melimpah ruah, tidaklah mengherankan daerah ini muncul sebagai salah satu provinsi termaju di Indonesia. Sejak jaman kolonial, eksploitasi sumber daya alam ini telah di lakukan untuk menunjang perekonomian.

Sektor pariwisata tidak luput dari pemanfaatan potensi alam ini, sudah sejak lama beberapa daerah di Jawa Barat merupakan ikon pariwisata. Salah satu ikon pariwisata di Jawa Barat ialah iir terjun atau dalam bahasa Sunda dinamakan Curug.

Di Jawa Barat cukup banyak curug yang telah dikembangkan sebagai tempat wisata,baik itu yang dikelola oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta.Curug curug ini memiliki bentang alam cukup indah, dengan ketinggian bervariasi.

Ketinggian curug curug ini beberapa diantaranya lebih dari 50 meter dengan debit air cukup deras. Berikut bebrapa curug dengan ketinggian lebih dari 50 meter di wilayah Jawa Barat.

Curug Malela, terletak di desa Cicadas, kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Dari informasi yang beredar keindahan curug ini kerap disandingkan dengan keindahan air terjun Niagara di Ontario Kanada.

Curug ini memiliki lebar kurang lebih 70 meter, dengan ketinggian hampir 80 meter menjulang, debit air cukup besar apalagi di musim penghujan. Dari kejauhan air yang jatuh dari atas tebing ini mirip dengan helai helai benang sutera.

Baca Juga: Pesona Tempat Wisata Baru di Batu Karas, Ada Hutan Mangrove Seluas 5 Hektar

Oleh karena itu tidak heran banyak pengunjung yang membandingkan keindahannya dengan Niagara di Ontario. Fasilitas penunjang wisata sudah cukup memadai, lapangan parkir, penjual makanan dan minuman serta mushola bisa dengan mudah kita temui, baik itu di lokasi parkir maupun lokasi dekat dengan curug.

Curug Cibareubeuy adalah salahsatu air terjun yang secara administratif pemerintahan termasuk Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang Propinsi Jawa Barat. Keadaan topografi sebagian besar curam dan terjal dengan elevasi 1.500 m dpl.

Wana wisata ini memiliki kekayaan sumberdaya hayati berupa flora dan fauna serta keindahan panorama alamnya yaitu hutan sekunder yang didominasi oleh tegakan Pinus.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepang Buka Kembali Negaranya Untuk Wisatawan

Jumat, 27 Mei 2022 | 15:30 WIB

Fakta Sungai Aaree Di Bern Swiss

Jumat, 27 Mei 2022 | 15:00 WIB

Melancong Ke Kebun Binatang Bandung

Jumat, 13 Mei 2022 | 19:00 WIB

Mendaki Gunung Ikonnya Kota Garut

Selasa, 26 April 2022 | 18:00 WIB

Melestarikan Tradisi di Kampung Naga

Selasa, 26 April 2022 | 15:00 WIB

Mengenal Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia

Minggu, 24 April 2022 | 12:00 WIB

Mata Air Sungai Citarum

Sabtu, 23 April 2022 | 10:00 WIB
X