Mata Air Sungai Citarum

- Sabtu, 23 April 2022 | 10:00 WIB
Salah satu sumber mata air di Situ Cisanti (Irfan Sonjaya)
Salah satu sumber mata air di Situ Cisanti (Irfan Sonjaya)

Bisnis Bandung - Sungai Citarum merupakan sungai terbesar di Jawa Barat, sungai ini bersumber dari sebuah mata air yang terletak desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari, kabupaten Bandung.

Topografi kawasan Sungai Citarum terletak 1500 meter di atas permukaaan laut, maka tidak heran secara umum kawasan ini sangat cocok untuk kegiatan pertanian dan perkebunan.

Di kawasan tersebut terdapat sebuah danau, atau situ yang merupakan sumber penghidupan, bagi jutaan masyarakat Jawa Barat. Situ atau danau ini di namakan situ Cisanti, merupakan sumber mata air sungai Citarum.

Sungai ini merupakan sungai yang sangat penting bagi denyut kehidupan warga Jawa Barat, aliran airnya di gunakan sebagai sumber bagi 3 pembangkit listrik tenaga air di Jawa Barat,

yaitu waduk Saguling, Waduk Cirata, dan waduk Jatiluhur. Di sepanjang alirannya, Citarum memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Jawa Barat.

Sumber mata air sungai ini berasal dari tujuh mata air yaitu Pangsiraman, Cikahuripan, Cikawedukan, Koleberes, Cihaniwung, Cisandane, serta Cisanti.

Baca Juga: Uniknya 3 sate berbahan dasar bukan daging, salah satunya sate kesukaan Jokowi

Semula mata air ini, hanyalah berupa aliran air, selebar satu meter lebih,namun sejak tahun 2001,pemandangan tersebut berubah menjadi sebuah situ yang indah seluas 7 hektar.

Pemandangan situ ini cukup indah, hamparan hijau pepohonan menambah indah suasana, Gunung Wayang terlihat cukup dekat dari lokasi situ.

Situ ini kerap di kunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah, selain menikmati keindahan alam mereka juga bisa memancing ikan di sini, konon ikannya cukup banyak dan besar besar.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jepang Buka Kembali Negaranya Untuk Wisatawan

Jumat, 27 Mei 2022 | 15:30 WIB

Fakta Sungai Aaree Di Bern Swiss

Jumat, 27 Mei 2022 | 15:00 WIB

Melancong Ke Kebun Binatang Bandung

Jumat, 13 Mei 2022 | 19:00 WIB

Mendaki Gunung Ikonnya Kota Garut

Selasa, 26 April 2022 | 18:00 WIB

Melestarikan Tradisi di Kampung Naga

Selasa, 26 April 2022 | 15:00 WIB

Mengenal Stasiun Kereta Api Tertinggi di Indonesia

Minggu, 24 April 2022 | 12:00 WIB

Mata Air Sungai Citarum

Sabtu, 23 April 2022 | 10:00 WIB
X