Pencuri Crypto dari Korea Utara Dicurigai Menggunakan Data Palsu Untuk Mendapatkan Pekerjaan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:53 WIB
Pelamar kerja dari Korea Utara dengan keahlian Crypto dicurigai menggunakan profil palsu guna pekerjaan di bidang Cryptocurrency (Pixabay)
Pelamar kerja dari Korea Utara dengan keahlian Crypto dicurigai menggunakan profil palsu guna pekerjaan di bidang Cryptocurrency (Pixabay)

Bisnisbandung.com - Pencuri Crypto dari Korea Utara dicurigai menyamar sebagai ahli menggunakan resume dan identitas palsu seperti dikutip dari Bloomberg News pada 1 Agustus.

Menurut Bloomberg, wawancara dengan pakar keamanan siber menunjukkan bahwa penipu ini secara aktif menjiplak informasi dari profil yang sah untuk melamar pekerjaan di Indeed dan LinkedIn khususnya menyangkut keahlian di bidang Crypto.

Perusahaan keamanan siber Mandiant melaporkan bahwa seorang pencari kerja Korea Utara yang dicurigai mengaku sebagai profesional Crypto yang berpikiran inovatif dan strategis, dengan menambahkan pernyataan Dunia akan melihat hasil yang bagus dari tangan saya.

Baca Juga: Karyawan Busan Bank di Korea Selatan Mencuri 1,4 Miliar Won Dalam Dana Nasabah Untuk Membeli Crypto Bitcoin

Sementara pemohon mengaku sebagai pengembang perangkat lunak yang berpengalaman, para peneliti di perusahaan tersebut menemukan bahasa yang sangat mirip di profil orang lain.

Selain menjiplak resume, para peneliti juga menemukan bahwa beberapa orang Korea Utara yang dicurigai memenuhi kualifikasi saat melamar pekerjaan.

Kebohongan yang terjadi juga menyangkut penerbitan whitepaper untuk pertukaran Crypto Bibox atau menyamar sebagai pengembang perangkat lunak senior.

Para peneliti menambahkan bahwa beberapa perusahaan telah mempekerjakan orang-orang Korea Utara yang dicurigai ini sebagai pekerja lepas.

Baca Juga: National Crime Agency (NCA) Inggris Menyita 33 Juta Dolar dalam Cryptocurrency

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Sumber: Cryptoslate.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekarang Waktunya Ekonomi Indonesia Anti Resesi

Sabtu, 26 November 2022 | 17:00 WIB

Simak! Inilah Cara Menghadapi Resesi

Selasa, 22 November 2022 | 11:00 WIB
X