“Fun Game Bike To Tribute Ir. Soekarno”, Mengenang Jejak Sejarah Bung Karno Di Bandung

- Selasa, 28 Juni 2022 | 16:10 WIB
Ono Surono melepas peserta Fun Game Bike To Tribute Ir. Soekarno (Bisnisbandung.com / Iman Mulyadi)
Ono Surono melepas peserta Fun Game Bike To Tribute Ir. Soekarno (Bisnisbandung.com / Iman Mulyadi)

Bisnisbandung.com - Bulan Juni setiap tahunnya diperingati juga sebagai Bulan Bung Karno. Hal ini disebabkan pada bulan Juni terdapat tanggal-tanggal penting yang berkaitan dengan kehidupan Sang Proklamator.

Diantaranya, pertama hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni, yang diambil pada pidato Bung Karno di Sidang BPUPKI. Kedua, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat.

Dalam rangka mengenang perjuangan Bung Karno dan meneruskan api perjuangannya, pada Minggu 26 Juni 2022 diadakan acara “Fun Game Bike to Tribute Ir. Soekarno”. Acara tersebut diikuti sebanyak 500 peserta dari berbagai komunitas sepeda di Kota Bandung.

Baca Juga: KTM Rilis Motor Baru Rakitan Gresik Bergaya Adventure dan Naked Bike

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan bulan Soekarno pada Juni ini. Acara ini dilepas langsung oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana bersama Ono Surono, anggota DPR RI Fraksi PDIP Dapil Jabar VIII di Jalan Soekarno.

Para peserta mengayuh sepeda sejauh 21 km dengan rute melewati tempat-tempat bersejarah yang berhubungan erat dengan Ir. Soekarno di Kota Bandung.

Baca Juga: Bandung Jadi Tuan Rumah Rakernas HDCI Bike Vaganza

Diawali dari Jalan Sukarno, para pesepada melewati 7 titik peninggalan sejarah Soekarno. Di antaranya, Gedung Merdeka, Gedung Indonesia Menggugat, Institut Teknologi Bandung (ITB), Masjid Raya Cipaganti, Rumah Malabar, Rumah Ibu Inggit Garnasih, dan Lapas Banceuy.

Dalam acara ini juga dilakukan peresmian bangunan cagar budaya Jalan Gatot Subroto No. 54 yaitu rumah kembar Malabar. Perlu diketahui, rumah di Jalan Gatot Subroto no 54 merupakan rumah yang dirancang oleh Soekarno.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT KAI Daop 2 Bandung Hadirkan Tarif Promo Merdeka

Jumat, 5 Agustus 2022 | 09:56 WIB
X