Salah Satu Tempat di Lembang Ditunjuk Kemenag Sebagai Tempat Pengamatan Rukyatul Hilal 1 Syawal

- Minggu, 1 Mei 2022 | 17:42 WIB
Observatorium dan Musholatorium Imah Noong Lembang, KBB, Menjadi Titik Pengamatan Rukyatul Hilal Awal Syawal 1443 H (Algi Muhammad Ghifari)
Observatorium dan Musholatorium Imah Noong Lembang, KBB, Menjadi Titik Pengamatan Rukyatul Hilal Awal Syawal 1443 H (Algi Muhammad Ghifari)

Bisnis Bandung - Satu dari 99 titik lokasi pengamatan rukyatul hilal awal Syawal 1443 H yang dilaksanakan secara serentak pada Minggu, 1 Mei 2022 oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama (Kemenag), ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Salah satu lokasi pengamatan hilal yang ditunjuk yaitu di Observatorium dan Musholatorium Imah Noong Lembang, KBB 

Untuk pengamatan rukyatul hilal tersebut, tim Imah Noong dibantu sebuah alat teleskop. Pengamatan pun dilakukan bersama Kemenag Provinsi Jawa Barat. 

Baca Juga: Korban Mobil Terperosok ke Jurang di KBB, Pemudik dari Jakarta, ASN di Salah Satu Kementrian RI

"Imah Noong menjadi salah satu titik pengamatan, kita menyediakan peralatan portabel nanti di luar untuk melakukan kegiatan rukyatul hilal," ujar pemilik Imah Noong, Hendro Setyanto, Sabtu (30/4/22) sore kemarin. 

Selain di Lembang, Hendro mengatakan, selain di Jawa Barat, tim Imah Noong juga melaksanakan pengamatan di wilayah Jawa Tengah.

"Tim dipecah, sebagian di sini (Lembang) satu, di Jateng juga ada satu," tuturnya.

Baca Juga: Gubernur Jabar Isyaratkan Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Meski Terbatas hingga Cimalaka Melewati Sumedang Kota

Hendro menjelaskan, posisi hilal saat ini cukup tinggi dengan elongasi di atas 5 tetapi secara astronomis masih dibawah kriteria ketertampakan yang mudah dilihat.

"Jadi memang nanti itu masih ada peluang hilal tidak teramati, terlebih melihat cuaca. Namun kita berharap cuaca bisa bagus saat pengamatan sehingga ada yang berhasil melihat hilal," jelasnya.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Garut Diguncang Gempa Magnitudo 4,3

Kamis, 2 Februari 2023 | 12:35 WIB

Jambore Talenta Digital Buka Cakrawala Informatika

Jumat, 16 Desember 2022 | 17:45 WIB
X