Makin Mengglobal, Pemain NBA Justin Holiday Bangga Kenakan Batik Indonesia

- Senin, 5 Desember 2022 | 16:38 WIB
Pakaian dengan corak batik dikenakan oleh Pemain NBA Justin Holiday (kemenparekraf)
Pakaian dengan corak batik dikenakan oleh Pemain NBA Justin Holiday (kemenparekraf)

Bisnisbandung.com - Milwaukee, AS: Terus galakkan batik di skala global, Konjen RI Chicago Meri Binsar Simorangkir menyerahkan batik kepada pemain NBA Atlanta Hawks, Justin Holiday di Milwaukee usai pertandingan antara Atlanta Hawks dan Milwaukee Bucks. Justin Holiday lalu mengunggah foto dan videonya mengenakan baju batik tersebut di akun Instagram @justholla7.

Di video tersebut, Justin tampak sangat terkesan dan motif, kualitas dan model baju batik yang dibuat custom-made sesuai dengan tingginya yang menjulang di 6”6 atau 1,98 m. Pakaian Batik ini merupakan kolaborasi apik antara KJRI Chicago, Desainer Batik Ai Syarif dan Wahono, serta Justin Holiday yang dimulai sejak bulan November 2021.

Yang spesial, batik ini adalah hasil karya salah satu pemenang Lomba batik Persahabatan Indonesia-AS bertajuk The Best of Both Worlds: Batik as Bridge Between Two Nations. Bertajuk Cakra Asih Pinager Lung, batik ini menggambarkan kebijaksanaan, cinta-kasih, kebijakan dan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Inilah Makanan Yang Dapat Menurunkan Kolesterol Yang Dapat Anda Coba

Konjen RI Chicago menyampaikan bahwa batik ini bukanlah tujuan akhir, tapi suatu tahap untuk terus galakkan nama Indonesia di Amerika Serikat. “Dengan memberikan batik untuk dikenakan seorang pemain NBA yang sangat dikenal, maka pesan tentang Indonesia akan bisa mencapai audience yang selama ini belum pernah tersentuh,” tegasnya. “Kita tidak hanya ingin Justin Holiday mengenakan batik, tapi juga ingin Justin Holiday untuk datang ke Indonesia, berlibur ke Bali dan juga bertemu dengan pecinta basket di Indonesia.”

Desainer Ai Syarif menceritakan bagaimana proses batik ini bisa terjadi. “Semua dimulai saat KJRI Chicago menghubungi saya untuk menjadi juri lomba batik. Kemudian, kami bekerja sama untuk produksi batik yang motifnya adalah buah karya Mas Wahono. Proses kira-kira 4 bulan.

Setelah pattern selesai saya memulainya dengan pembuatan alat cap di Bangka Belitung. Batik dibuat langsung di Lasem, Rembang,”ceritanya. Ai Syarif juga menyesuaikan batik dengan gaya personal Justin Holiday, yang akhirnya berujung pada pembuatan bukan kemeja tradisional, tapi overcoat, bomber jacket, dan celana training yang semuanya dibuat tangan.

Baca Juga: Usung Tema Sustainable Tourism Prodi Ilmu Komunikasi Telkom University Gelar Pra Event Urban Village 2022

Desainer batik Wahono mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang langka ini. “Saya merasa sangat terhormat motif batik karya saya bisa menjadi salah satu jembatan penghubung persahabatan Indonesia-AS,” katanya.

Halaman:

Editor: Alit Suwirya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sudah Siap kah Pelayanan BPKB elektronik

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:50 WIB

Ini Tanggapan Jokowi Soal Kenaikan Biaya Haji

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:20 WIB

Tips Mudik Lebaran Lewat Jalur Pansela

Senin, 30 Januari 2023 | 19:25 WIB

Polri: Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:15 WIB
X