Siapakah Penghuni Pertama Ibu Kota Nusantara (IKN)?

- Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
Foto IKN Indonesia (dok.instagram @ikn_id)
Foto IKN Indonesia (dok.instagram @ikn_id)

Bisnisbandung.com - Dalam lampiran UU Ibu Kota Nusantara (IKN) terdapat rencana kepindahan pemerintahan yang akan dimulai tahun 2024 mendatang.

terdapat lima tahapan yang akan pindah ke IKN Indonesia. Tahapan pertama meliputi presiden dan wakil presiden serta lembaga tinggi negara antara lain MPR, DPR, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, BPK dan Komisi Yudisial.

selain itu sejumlah kementerian juga akan pindah IKN Indonesia pada tahapan pertama seperti Kemenko Polhukam, Kemenko Marves, Kemenko Perekonomian, Kementerian Pertahanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: Pembahasan UU IKN Minim Partisipasi Publik

selanjutnya kementerian atau lembaga yang berhubungan dengan kerja presiden dan wakilnya secara langsung seperti Kementrian Sekretariat Kabinet, Sekretariat Negara, Dewan Pertimbangan Presiden dan Kantor Staf Presiden.

Lalu lembaga negara yang berhubungan dengan penganggaran, perencanaan, dan kinerja pembangunan yaitu Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kemenpan RB, Kementerian PPN/Bappenas, dan Kementerian Keuangan.

Selanjutnya Lembaga yang mendukung infrastruktur dasar IKN yaitu Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Kominfo serta bagian pertahanan dan keamanan seperti Kejaksaan Agung, TNI-Polri, KPK, Kemenkumham dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jagat Nusantara, Metaverse yang Bisa Digunakan Untuk Menjelah Ibukota Negara (IKN)

Lalu lembaga negara independen serta badan publik seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BPJS, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Bank Indonesia dan masih banyak lagi.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Sumber: Indonesia.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sudah Siap kah Pelayanan BPKB elektronik

Selasa, 31 Januari 2023 | 18:50 WIB

Ini Tanggapan Jokowi Soal Kenaikan Biaya Haji

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:20 WIB

Tips Mudik Lebaran Lewat Jalur Pansela

Senin, 30 Januari 2023 | 19:25 WIB

Polri: Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:15 WIB
X