Nikmatnya Sambal Ebi dan Tongkol dengan Olahan Khas Tanpa Pengawet

- Minggu, 10 April 2022 | 18:05 WIB
Menikmati sambal Ebi dan Tongkol olahan khas Bandung. (IST)
Menikmati sambal Ebi dan Tongkol olahan khas Bandung. (IST)

Bisnis Bandung - Retno W Agustin, pemilik Manith Sambal mengungkapkan, ide awal mendirikan usaha ini di Desember 2019, karena dilatar belakangi kegemarannya terhadap sambal, makan terasa tidak ada kenikmatan kalau tidak ada sambal.

Terutama anaknya sejak umur 8 tahun, sudah menggemari sambal, dari latar belakang inilah yang membuatnya memulai usaha sambal kemasan yang aman dikonsumsi sehari-hari, dengan menggunakan bahan pilihan dan tanpa menggunakan bahan pengawet.

Kemampuan produksi 200 botol @150 gram perbulan dan dipasarkan saat ini masih diwilayah Bandung Raya, Jabodetabek, Surabaya dan sekitarnya.

Baca Juga: Panganan Klasik, Akar Kelapa Wijen, Kini Hadir Trendy, Unik Dan Lebih Empuk

Mahnith sambal saat ini ada 2 varian yaitu sambal Ebi Mahnith dan sambal Tongkol Mahnith.

Retno W Agustin mengungkapkan, bahan baku yang digunakan adalah bahan baku pilihan seperti cabe rawit segar, bawang putih, ebi (udang kering), tongkol dan bahan pelengkap lainnnya yang semuanya menggunakan produk lokal asli Indonesia.

Untuk proses produksi Mahnith sambal masih secara manual karena mengutamakan produksi yang benar-benar asli buatan tangan (Home Made)

Proses produksi membutuhkan waktu 1 x 24 jam dari proses produksi hingga proses pengemasan dengan menghasilkan 40 botol @150 gram untuk sekali produksi, dalam proses produksi hanya melibatkan keluarga (suami dan anak - anak).

Keunggulan Mahnith sambal adalah home made, tanpa menggunakan pengawet makanan dan meskipun sambal dikonsumsi berulang kali (buka tutup botol) dengan mengikuti aturan yang tertera didalam label kemasan, tidak merubah rasa dan kualitas sambal.

Halaman:

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X