Minim Raih Nobel, Masihkan Islam Mengedepankan Sains Dan Tekhnologi?

- Minggu, 10 April 2022 | 16:29 WIB
Nobel bukanlah penilaian universal, hanya salah satu acuan, apakah kita mengedepankan sains dan tekhnologi (Youtube Gita Wirjawan)
Nobel bukanlah penilaian universal, hanya salah satu acuan, apakah kita mengedepankan sains dan tekhnologi (Youtube Gita Wirjawan)

Bisnis Bandung -- Cendikiawan, Gita Wirjawan di channelnya menyatakan, di era atau dunia modern, kalau kita mau mengukur pengedepanan sains dan tekhnologi salah satu ukurannya adalah kemenangan di Nobel.

Nobel itu adalah penghargaan internasional yang diberikan kepada orang atau organisasi yang memberikan kontribusi yang sangat bermanfaat untuk umat manusia didalam bidang sains dan tekhnologi termasuk dibidang Fisika, Kimia, Kedokteran dan juga Ekonomi.

Penghargaan Nobel juga termasuk sastra atau literatur dan perdamaian.

Penghargaan Nobel dimulai oleh Alfred Nobel, seorang ahli Kimia, insinyur, industrialis Swedia yang terkenal karena penemuan dynamite pada tahun1901, dan tentunya ini berkelanjutan semenjak awal abad ke 20.

Baca Juga: Menyelami Penyebaran Islam di Wilayah Pamijahan

Setiap penerima Penghargaan Nobel, menerima medali emas diploma. Dan hingga tahun 2021 penghargaan Nobel telah diberikan kepada 975 pemenang.

Kalau kita lihat dari pemenang penghargaan Nobel dari tahun 1901 sampai tahun 2021 itu totalnya 975 pemenang, dengan rincian untuk kategori non sains 344 pemenang, sedangkan untuk kategori sains sebanyak 631 pemenang.

Sebagian besar pemenang penghargaan Nobel, beragama Kristen kurang lebih 68 persen dari total junlah pemenang, kemudian Yahudi kurang lebih 20.8 persen dari total jumlah pemenang, kemudian dan lainnya termasuk Islam 1.3 persen dari total jumlah pemenang, kemudian Hindu 0.8 persen dan Budha 0.4 persen.

Dalam konteks sains hanya 3 orang Islam yang pernah mendapat hadiah penghargaan Nobel, yang pertama adalah Abdus Salam, tahun 1979, ia adalah keturunan Pakistan.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 website Penyedia Gambar Gratis Terbaik

Selasa, 29 November 2022 | 17:00 WIB

Penting! Inilah Skill Yang Harus Dimiliki Programmer

Jumat, 25 November 2022 | 10:30 WIB
X