Serius Bahaya? Boba dan Cireng : Makanan Berbahan Dasar Tepung Tapioka Berbahaya bagi Tubuh!

- Kamis, 23 Februari 2023 | 08:00 WIB
Boba dan cireng terbuat dari tepung tapioka (Kolase dok. Canva)
Boba dan cireng terbuat dari tepung tapioka (Kolase dok. Canva)

Bisnisbandung.com - Kamu pasti sudah tak asing lagikan dengan tepung tapioka? Ya, banyak banget cemilan atau makanan yang dijajakan masyarakat berbahan dasar tepung sederhana dari sari pati singkong ini.

Dua diantara banyaknya cemilan tersebut adalah boba dan cireng. Soal rasa tidak diragukan lagi bahkan makanan yang terbuat dari tepung tapioka dinikmati dan digemari semua kalangan.

Tapi tahukah kamu jika makanan berbahan dasar tepung tapioka justru berbahaya bagi tubuh? termasuk cireng dan boba.

Baca Juga: Seblakgheboy, Ciri Khas Produknya Tidak Bisa Didapatkan Dipasaran

Lalu kenapa sih makanan tersebut berbahaya? Apa penyebabnya?. Sebelum itu, kamu perlu tahu dulu meskipun boba dan cireng berbahaya bagi tubuh tapi cemilan itu juga memiliki kelebihan lho.

bila kita lihat dari sisi kadar garamnya, tepung tapioka sangat aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita darah tinggi.

Sebab kandungan sodium yang terdapat dalam tepung tapioka hanya 145 mg per 100 gram lho, itu tergolong rendah.

Baca Juga: Ajiib, Seblak Tsaqil Tembus Pasar Internasional, Di Ekspor Ketiga Negara

Apabila berkaca pada anjuran American Heart Association sebuah organisasi nirlaba asal Amerika Serikat yang menganjurkan jumlah batas natrium harian yang tepat untuk jantung adalah 2300 mg.

Tak hanya itu, tepung tapioka juga memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi yaitu 71 mg per 100 gram. Berbeda dengan tepung lainnya yang hanya memiliki 3 mg per 100 gramnya.

Sebagai perbandingan, susu rendah lemak memiliki kadar kalsium 125 mg per 100 gram sehingga tepung tapioka tergolong baik untuk proses pertumbuhan tulang.

Baca Juga: Sebagai Sumber Energi Aktivitas Keseharian Anda, Berikut Aneka Resep Sarapan Sehat Bagi Anda

Dalam satu sajian boba hanya memiliki kandungan lemak yang rendah yakni hanya 0,03 gram saja. Sesuai dengan julukannya sebagai pengganti lemak.

Jadi untuk penderita kolestrol tidak perlu khawatir kolestorol naik lagi apabila memakan makanan atau cemilan berbahan dasar tepung tapioka.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Sumber: YouTube Neuron

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X