13 Rekomendasi Pekerjaan Sampingan untuk Penghasilan Tambahan, Cocok Untuk Kamu Coba

- Senin, 31 Oktober 2022 | 22:00 WIB
Pekerjaan sampingan yang cocok untuk menambah penghasilan (unsplash)
Pekerjaan sampingan yang cocok untuk menambah penghasilan (unsplash)
Bisnisbandung.com – Mencari tambahan penghasilan dengan melalui pekerjaan sampingan bisa menjadi solusinya, sebab kebutuhan yang semakin banyak harus menuntut kita untuk lebih kreatif dalam menambah penghasilan
 
Tidak heran jika yang mencari pekerjaan sampingan ini tidak hanya ibu rumah tangga saja, melainkan juga anak sekolahan dan mahasiswa yang membutuhkan tambahan penghasilan untuk kebutuhan memberi sesuatu. 
 
Berikut rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa kalian coba untuk menambah penghasilan, yaitu:
 
 
1. Penulis lepas
 
Menjadi penulis lepas bisa menjadi solusi untukmu yang menyukai dunia tulis menulis atau lumayan berminat dalam bidang jurnalis. 
 
Ada banyak sekali keuntungan jika penulis lepas menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang dijalankan, selain tidak menuntutmu untuk selalu ada di kantor, menjadi penulis lepas akan tetap membuat tanggungjawab utamamu tetap bisa dijalankan. 
 
 
2. Berjualan online
 
Berjualan online bisa menjadi salah satu tambahan penghasilan untuk kalian dengan cara yang mudah dilakukan, tentunya ini hanya bermodalkan ponsel saja sudah bisa memiliki pekerjaan sampingan
 
Menjalankan bisnis dropship, adalah pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan hasilnya. Sebab, ketika kalian memilih pekerjaan sampingan sebagai dropshipper maka kalian tidak perlu repot-repot menstok barang terlebih dahulu.
 
Droshipper hanya perlu mempromosikan barang atau produk tertentu milik pihak lain, lalu memesankan jika ada yang membelinya. Tapi jika kalian memilih menjadi reseller, mau tidak mau harus menyediakan barang dan menjualnya kepada konsumen.
 
 
Adapun supplier dropship yang bisa dijadikan sebagai tangan pertama yang tentunya murah dan berkualitas adalah shopee, tokopedia, dropshipaja.com, dan sebagainya. 
 
Kalian bisa memilih supplier yang benar-benar terpercaya dalam menyediakan suatu produk yang tentunya terjamin kualitasnya, harganya terjangkau, aman, mudah dilakukan dan prosesnya juga cepat sehingga kalian tidak perlu menunggu waktu lama ketika sudah melakukan proses transaksi. 
 
3. Fotografer
 
Ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi kalian yang mempunyai skill di bidang foto, menjadi fotografer termasuk pilihan untuk menambah penghasilan dengan cara menjual jasa kita.
 
 
Jadi, kita hanya perlu bermodal kamera di awal saja untuk memfoto orang lain tapi untuk selanjutnya kalian tidak membutuhkan biaya tambahan lagi melainkan membutuhkan jasa kalian sebagai orang yang memotret. 
 
4. Penerjemah Bahasa Asing
 
Bagi kalian yang sudah menempuh pendidikan dalam bidang bahasa asing, boleh juga menjadi penerjemah bahasa asing sebagai tambahan penghasilan
 
Memiliki kemampuan bahasa asing sangat banyak keuntungannya, salah satunya adalah memanfaatkan skill tersebut untuk menjadi penerjemah, membuka jasa kursus, dan bekerja
sampingan sebagai tutor di suatu lembaga. 
 
 
5. Menjadi MC
 
Kemampuan public speaking yaitu pandai berbicara dan tidak grogi ketika berhadapan
dengan orang banyak, maka salah satu job paling cocok adalah menjadi pembawa acara atau MC. 
 
Dalam setiap kegiatan atau acara tertentu pastilah membutuhkan MC sebagai pemandu acara, jika salah satu bakatmu adalah jago ngomong maka boleh mencoba saran pekerjaan sampingan ini. 
 
 
6. Penjahit
 
Menerima pesanan untuk menjahit pakaian adalah solusi yang bagus bagi kalian yang memiliki skill di bidang ini, sebab tidak jarang orang yang justru merasa lebih suka mendesain baju sendiri daripada membeli di toko. 
 
So, skill menjahit yang kalian bisa dimanfaatkan untuk menerima jasa menjahit pakaian. Selain menyalurkan bakat, lumayan juga untuk tambahan penghasilan dalam mencukupi kebutuhan. 
 
 
7. Admin sosial media
 
Wah, sudah bukan hal baru lagi jika anak zaman sekarang sangat jago dalam hal mengelola sosial media, baik itu instagram, tiktok, website dan sebagainya. 
 
Pekerjaan sampingan ini terkesan cukup menyenangkan bagi yang terbiasa memanfaatkan, mendesain, mengelola, dan mempromosikan sosial media. 
 
Biasanya kalian akan menjadi pihak perantara yang akan menghubungkan antara yang berkepentingan dengan owner atau pimpinan.  
 
 
8. Menjadi Reseller
 
Menjadi reseller juga banyak dilakukan oleh banyak orang, jadi kalian membeli produk dalam sistem kulakan atau dalam jumlah yang cukup banyak dengan harga lebih murah. 
 
Ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki modal, sehingga produk yang dibeli bisa didapat
dengan harga murah dan kalian hanya perlu menjual ulang. 
 
 
9. Editor
 
Kemampuan editing adalah salah satu yang banyak dibutuhkan oleh semua orang, bukalah jasa mengedit baik itu gambar, video, CV, dan sebagainya. 
 
Bahkan, jika kalian memiliki bakat sebagai jurnalis dan paham terhadap EYD maka bisa mendaftarkan diri sebagai editor baik itu di website, penerbit, dan sebagainya. 
 
 
10. Ojek Online 
 
Tidak jarang menjadi ojek online untuk mengantarkan orang ke tujuannya menjadi salah satu pekerjaan sampingan yang sekarang banyak dijalani. 
 
Menambah penghasilan dengan menjadi ojol membutuhkan kemampuan kalian juga untuk paham terhadap suatu daerah, walaupun terdapat maps tapi akan lebih baik jika kalian yang benar-benar paham jalannya. 
 
 
11. Pelukis
 
Salah satu bidang kesenian yang tidak semuanya bisa melakukan, ini perlu perpaduan antara keindahan dan kebudayaan. 
 
Kalian yang pandai menggambar atau melukis, bisa membuka jasa untuk melukis berbagai permintaan atau kebutuhan orang lain.
 
12. Mengajar kursus atau les
 
Kalian bisa mengajarkan kursus atau les yang berhubungan dengan background pendidikan yang sudah kalian tempuh, jadi manfaatkan itu sebagai pekerjaan sampingan.
 
Kalian bisa membuka jasa kursus dengan biaya setiap bulan sekali ataupun setiap datang mengikuti kursus wajib membawanya, pilihlah sesuai kemauan kalian saja. 
 
 
13. Menjual kerajinan tangan
 
Orang yang memiliki kreativitas tinggi pasti bisa menghasilkan suatu karya dengan nilai seni tertentu dan bisa digunakan, baik itu membuat aksesoris seperti gelang, kalung dan
semacamnya. 
 
Itulah 13 pekerjaan sampingan yang bisa kalian coba untuk menambah penghasilan, semoga sukses.***

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pasangan Anda Tak Peka? Berikut 4 Rahasia Triknya

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:30 WIB

3 Cara Meyakinkan Wanita Agar Mau Diajak Menikah

Jumat, 27 Januari 2023 | 12:30 WIB
X