Cerita Secangkir Kopi : Benarkah Kopi Baik untuk Kesehatan?

- Rabu, 11 Mei 2022 | 14:30 WIB
Secangkir kopi pembangkit semangat di pagi hari (unsplash)
Secangkir kopi pembangkit semangat di pagi hari (unsplash)

 

Bisnis Bandung  - Banyak orang yang memulai harinya dengan minum secangkir kopi setiap pagi. Tapi, apakah benar kopi dapat memperbaiki kualitas kesehatan?
 
Ada beberapa riset yang menyatakan bahwa minum secangkir kopi setiap hari baik untuk kesehatan hati dan otak. Malah mampu mancegah timbulnya sel kanker.
 
Tapi, tahan dulu cangkir kopi Anda. Penelitian lain mengungkapkan bahwa minum secangkir kopi bukan kebiasaan baik untuk setiap orang.
 
Marc Leavey, MD. salah seorang dokter di Maryland mengatakan, kopi mengandung ratusan bahan. Beberapa di antaranya berasal dari kandungan natural biji kopi dan yang lainnya terbentuk dari proses pemanggangan atau penyeduhan kopi.
 
 
Minumlah kopi yang berasal dari biji asli. (usplash)
 
Marc Leavey mentebutkan dua bahan yang baik bagi kesehatan yang terkandung di dalam kopi, yaitu :
 
  1. Phytochemical. Jangan takut dengan kata “chemical” yang berarti kimia. Bahan ini merupakan anti oksidan baik yang dihasilkan dari tanaman, yang mampu mencegah inflamasi serta membantu pertumbuhan sel.
  2. Kafein. Ini dia kandungan utama dari kopi yang banyak orang ketahui. Tapi takarannya, tergantung jenis kopi dan cara penyeduhannya. Kafein dikenal dapat menstimulasi otak agar tetap aktif dan mampu melawan penyakit berat, seperti diabetes. 
Kopi juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan melawan rasa lelah. Tapi jangan minum kopi lebih dari lima cangkir setiap harinya, bagi orang dewasa dan tidak disarankan untuk ibu hamil, kata Miriam Nelson, PhD. seorang profesor nutrisi di Universitas Tufts.
 
 
Minum kopi terlalu banyak dapat menimbulkan rasa gelisah dan gemetar. Selain itu, kebanyakan asupan kagein dalam tubuh akan menyebabkan tulang keropos.
 
Maka, minumlah kopi dalam jumlah yang cukup, jangan berlebihan. Karena pada dasarnya kopi dapat membangkitkan semangat. Hindari minum kopi jika memiliki keluhan tekanan darah tinggi atau gangguan kecemasan berlebih.
 
Pilih susu rendah lemak dan gula yang baik untuk kesehatan dalam cangkir kopimu. (unsplash)
 
Perhatikan pula campuran gula dan susu dalam cangkir kopi Anda. Lebih baik gunakan pemanis yang baik untuk kesehatan seperti stevia atau gula singkong. Hindari pula menambahkan susu tinggi lemakke dalam kopi. Gantilah dengan susu yang terbuat dari kacang almond atau gantum utuh.
 
Lalu, apakah bagi yang tidak terbiasa minum kopi harus memulainya sekarang? Semua ahli kesehatan tidak menyarankan hal tersebut. Tidak ada keterangan yang menyatakan bahwa jika Anda tidak suka minum kopi, maka harus mencobanya.
 
Tetap aktif dengan olah raga secara teratur. (unsplash)
 
Banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mencapai kesehatan yang sempurna. Cobalah untuk berolah raga secara teratur dan tidak merokok. Walaupun begitu, kopi bisa menjadi solusi yang lebih baik, dari pada minum obat.
 
Jadi, batasi konsumsi kopi Anda setiap harinya. Tetap beraktifitas dengan olah raga secara teratur dan menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh agar kesehatan Anda selalu terjaga.
 
Salam sehat selalu!***

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X