Inilah 7 Waktu Terbaik Untuk Minum Air, Nomor Lima Bisa Menurunkan Berat Badan

- Kamis, 21 April 2022 | 21:59 WIB
 Segelas air minum memiliki banyak manfaat. (unsplash.com)
Segelas air minum memiliki banyak manfaat. (unsplash.com)

Bisnis Bandung - Demi menjaga kesehatan tubuh, berdasarkan kajian U. S. National Academies of Science, Engineering, & Medicine, lebih baik unuk minum air yang banyak.

Rata-rata laki-laki dewasa, butuh minum air sebanyak 15,5 gelas setiap hari dan wanita dewasa sebanyak 11,5 gelas air setiap hari.

tapi, kebutuhan cairan setiap orang yang didapat dari minum air berbeda-beda tergantung tingkat kesehatan, aktifitas sehari-hari, dan tingkat suhu di sekitarnya. Konsultasikan kebutuhan cairan Anda dengan dokter.

Baca Juga: Tips Menjaga Makanan Agar Segar Lebih Lama

Berikut ini, beberapa tanda tubuh Anda membutuhkan tambahan cairan dengan cara yang mudah, yaitu minum air.

Saat Anda Merasa Lapar. (Unsplash.com)

1. Saat Anda Merasa Lapar

Mungkin saja Anda sebenernya merasa sangat haus. Kebanyakan orang tidak menyadari rasa haus saat rasa lapar melanda. Karena otak kita akan merespon hal yang sama.

Jadi, sebelum buru-buru ke dapur untuk membuat makanan, coba untuk minum air terlebih dahulu. Lalu beri beberapa menit untuk mengetahui apakah Anda benar-benar lapar.

Baca Juga: Hal yang Harus Dihindari Bagi Penderita Sakit Punggung

Saat Bangun Tidur. (Unsplash.com)

2. Saat Bangun Tidur

Hal terbaik yang pertama kali dilakukan setelah bangun tidur adalah menghidrasi tubuh Anda. Tubuh Anda membutuhkannya setelah tidur semalaman.

Untuk memberikan tambahan nutrisi, peras setengah buah lemon ke dalam segelas air minum yang sarat akan antioksidan, vitamin C dan potasium.

Saat Berkeringat. (Unsplash.com)

Baca Juga: Kumpulan viral minggu ini, no 2 mengharukan!

3. Saat Berkeringat

Apapun yang membuat Anda berkeringat, seperti bersauna, berendam di air hangat, atau pun cuaca yang panas, akan menyebabkan tubuh kehilangan cairan.

Begitu pula saat Anda berolah raga. Saat otot mulai meregang, tubuh akan berkeringat untuk melepaskan panas di dalam tubuh. Salah satu cara mendinginkannya yaitu dengan minum air.

Saat Sakit. (Unsplash.com)

4. Saat Sakit

Menghidrasi tubuh adalah kunci agar cepat sembuh saat sakit. Ketika tubuh mulai terserang penyakit, perbanyaklah minum air, terutama jika tidak merasa lapar.


Sebelum makan. (Unsplash.com)


5. Sebelum Makan

Minum air sebelum makan akan membantu untuk menurunkan berat badan. Air akan membuat Anda merasa kenyang dan mampu meningkatkan metabolisme.


Saat Dipijat. (Unsplash.com)


6. Saat Dipijat

Terapis pijat Anda akan sangat berterima kasih jika sebelum sesi dimulai Anda minum air terlebih dahulu. Karena otot Anda menjadi lebih tenang dan tidak kaku.

Hal tersebut akan mempermudah sesi pijat dan menambah kenyamanan bagi tubuh Anda. Jangan lupa minum air yang banyak setelah sesi pijat berakhir.

Baca Juga: Serba Serbi Edible Flower, Berbagai Bunga yang Dapat Dikonsumsi

Saat menastruasi. (Unsplash.com)

7. Saat Menstruasi

Anda dapat meringankan gejala pramenstruasi dan kembung dengan minum air yang banyak. Selain itu, minum air yang banyak akan mempersingkat waktu menstruasi, mengurangi nyeri pinggang, dan tidak lagi membutuhkan obat penghilang rasa sakit.

Ternyata minum air itu banyak sekali manfaatnya yaa. Bukan hanya sekedar penghilang rasa haus, tapi memiliki segudang khasiat. Jadi jangan biarkan tubuh Anda kekurangan cairan. Tetap hidrasi tubuh Anda dengan minum air.

Selamat mencoba dan salam sehat selalu.***

Editor: Yudhi Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apakah Anda Wanita Berkelas Simak Faktanya Berikut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:00 WIB

7 Kebiasaan Pria Yang Bikin Wanita Jatuh Hati

Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:00 WIB
X