Cara Memilih Penyedia Hosting Terbaik? Ini 6 Tips Memilihnya

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Memilih hosting yang baik memerlukan beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan (Pixabay)
Memilih hosting yang baik memerlukan beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan (Pixabay)

 

Bisnisbandung.com - Review hosting terbaik Indonesia merupakan salah satu bahan pertimbangan yang penting saat memilih penyedia hosting untuk website.

Review dari para klien penyedia hosting umumnya menjelaskan kualitas dari pelayanan hosting tersebut.

Jika banyak yang memberi penilaian positif, maka penyedia hosting tersebut pantas dipercaya untuk website Anda. 

Baca Juga: Waspada, Robert Kiyosaki Memprediksik Kejatuhan Pasar Real Estat, Saham, Emas, Perak, dan Crypto Bitcoin

Akan tetapi, memilih jasa penyedia hosting tidak hanya mempertimbangkan review saja. Melainkan juga aspek lain seperti kebutuhan, budget beserta layanannya.
 
Nah supaya tidak salah dalam memilih penyedia hosting, berikut ada beberapa tips yang bisa diperhatikan. 
 
6 Tips Memilih Penyedia Hosting Terbaik 
 
1. Mengetahui Peruntukan Website
 
Sebelum melihat review hosting terbaik Indonesia, ada baiknya mengetahui peruntukan website terlebih dahulu. Apakah website Anda untuk pribadi saja, atau untuk toko online? Nah dengan mengetahui hal ini, Anda bisa memperkirakan kapasitas hosting yang dibutuhkan. 
 
Jika website hanya diperuntukkan pribadi, maka cukup menggunakan shared hosting murah. Shared hosting berarti Anda berbagi server hosting bersama penyewa lainnya. Cocok untuk website dengan traffic rendah. Namun jika salah satu website sedang banjir pengunjung hingga down, maka hal tersebut dapat memengaruhi website lain yang berbagi hosting.
 
Sedangkan jika website diperuntukkan bagi toko online, web perusahaan, dan website high-traffic maka lebih disarankan memilih VPS murah Indonesia alias server virtual. Meskipun sama saja dengan shared hosting, namun setiap website memiliki virtual server masing-masing yang tidak akan saling memengaruhi dengan yang lain. 
 
2. Memastikan Kualitas Hosting 
 
Setelah mengetahui kebutuhan Anda, berikutnya pastikan kualitas hosting masing-masing penyedia. Salah satu yang paling penting adalah lokasi server. Jika Anda menargetkan pengunjung atau pelanggan dari Indonesia, maka sebaiknya server juga berlokasi di Indonesia. 
 
Berikutnya, perhatikan pula spesifikasi server di data center, yakni mencakup kecepatan prosesor, teknologi server, kapasitas RAM dan harddisk, serta network speed. Cari tahu informasinya melalui website penyedia hosting atau dengan menghubungi customer service.
 
3. Perhatikan Fitur Tambahan
 
Memperhatikan fitur utama memang penting, namun fitur tambahan juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Adapun dalam hal ini adalah proteksi dan keamanan. Pilihlah hosting yang memiliki fitur SpamAssassin Protection dan SpamExperts untuk menghindari masalah spam di website Anda. 
 
4. Customer Service 24 Jam
 
Memilih penyedia hosting berarti Anda juga memilih pelayanannya. Meskipun spesifikasi server hostingnya bagus, tapi jika customer service nya tidak tersedia selama 24 jam, maka Anda akan mengalami kesulitan saat membutuhkan bantuan teknis. Untuk itu pilihlah penyedia hosting yang menawarkan layanan customer service 24 jam dan bisa dihubungi melalui berbagai cara komunikasi seperti email, telepon, live chat maupun tiket bantuan. 
 
5. Mengecek Harga Paket 
 
Penyedia hosting akan menawarkan berbagai paket dengan layanan yang menarik. Selain mempertimbangkan hal-hal di atas, pertimbangkan juga harga yang ditawarkan. Pastikan harga sudah sesuai dengan layanan yang termasuk dalam paket. 
 
Biasanya shared hosting memang lebih murah dibanding server VPS. Meski begitu layanan VPS jauh lebih banyak dan spesifikasinya lebih tinggi. Anda dapat memilih paket hosting yang sesuai dengan budget serta kebutuhan. Jika masih kurang memahami paket hosting, ada baiknya untuk menanyakannya langsung kepada customer service. 
 
6. Mengecek Kebijakan Garansi Uang Kembali
 
Penyedia hosting terbaik tentunya memiliki kebijakan garansi uang kembali. Meskipun hampir semua penyedia hosting memiliki kebijakan ini, akan tetapi syarat dan ketentuannya pasti berbeda-beda. Pastikan syarat serta ketentuannya tidak menyesatkan dan Anda mengetahui nominal yang didapatkan, sistem pengembalian, hingga lamanya waktu yang dibutuhkan hingga uang Anda kembali. 
 
Apabila penjelasan mengenai garansi masih kurang jelas, sebaiknya mintalah informasi detail melalui customer service atau tim support penyedia hosting. Dengan adanya fasilitas ini, tentunya Anda akan merasa lebih aman untuk mempercayakan data website Anda. 
 
Demikian penjelasan mengenai cara memilih penyedia jasa hosting terbaik. Tentunya dalam menentukan pilihan tak lepas dari review hosting terbaik Indonesia dari para pemilik website lain. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda mendapatkan jasa hosting terbaik.***
 

Editor: Alit Suwirya

Artikel Terkait

Terkini

WOW, iOS 16 dapat mengurangi Jejak karbon pada iPhone

Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB
X