Jeffrey Polnaja (JJ), Solo Riding Dengan Motor Keliling Dunia, Ikuti Angin Dan Dengarkan Cerita Alam

- Kamis, 19 Mei 2022 | 15:51 WIB
Kata Jeffrey Polnaja (JJ), "When You Alone, You Never Be Alone", paling tiadak ada kita, motor dan Pencipta kita (Tangkap Layar Youtube Gofar Hilman)
Kata Jeffrey Polnaja (JJ), "When You Alone, You Never Be Alone", paling tiadak ada kita, motor dan Pencipta kita (Tangkap Layar Youtube Gofar Hilman)
 
 
 
Bisnis Bandung - Rider, Jeffrey Polnaja (JJ),  dichannel #Sekutotomotif,  youtube Gofar Hilman, mengklaim, dirinya telah keliling dunia dengan riding menggunakan motor, ke 99 negara, seluruh benua yang ada didunia, yakni Afrika, Eropa,  Asia, Australia, Amerika, Antarttik.
 
Jeffrey Polnaja (JJ)  pertama kali riding, tahun 1975 menggunakan motor CB Glatik, dari Kota Bandung, dengan tujuan Bali. 
 
"SMA nich, saya (read: Jeffrey Polnaja - JJ),  mau ke Bali, banyak orang yang mau ikut ke Bali, saya bilang oke, tetapi begitu tahu riding pakai motor, tidak ada yang mau ikut, jadi tinggal sendirian, akhirnya pakai motor CB Glatik itu,  waktu tempuhnya satu minggu", cerita awal ridingnya Jeffrey Polnaja alias JJ
 
 
Dikatakan Jeffrey Polnaja, JJ itu adalah sebutan atau akronim dari "Jurig Jalanan"
 
Jeffrey Polnaja mengungkapkan, didalam perjalanan sendiri "solo riding",  banyak belajar dan banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik. 
 
"Banyak orang takut solo riding, kenapa, kalau ada apa-apa gimana? Padahal kalau kita sendiri, kita jadi tambah teman,  banyak informasi yang didapat, jadi jangan takut untuk sendirian"
 
"When you are alone, you never be alone, kalau kita sendiri, kita tidak sendiri, paling tidak ada motor kita, ada kita, ada sang pencipta"
 
Diungkapkan Jeffrey Polnaja (JJ), selama perjalanan solo riding 15 tahun, dalam 9 tahun perjalanan 2006-2015, dirinya mengaku hanya satu kali pulang ke Indonesia, itupun ketika pulang ke Indonesia nulis buku, kurang lebih satu setengah tahun, kemudian berangkat lagi nulis buku, antara tahun 2010/2011 an. 
 
Sebelum niat solo riding keliling dunia, Jeffrey Polnaja (JJ) mengaku, dirinya keliling Indonesia terlebih dahulu. Bagaimana Kita bisa cerita keluar negeri tentang indahnya Indonesia kalau kita tidak tahu Indonesia.
 
"Jangan dulu keluar negeri, explore dulu Indonesia, jangan jauh-jauh, Indonesia aja bagus"
 
"Saya kalu disuruh milih, setelah melihat seluruh dunia, tetap Indonesia, alasannya yakni udaranya, makanannya, orang-orang Indonesia luar biasa", ungkap Jeffrey Polnaja (JJ). 
 
 
Diceritakannya, pertama solo riding keliling Indonesia tahun 1978 ke Bali, perjalanan seminggu, menetap seminggu di Bali, dan perjalanan pulang waktu tempuhnya seminggu pula. 
 
"Tiap libur sekolah itu kan SMA, libur sekolah ke kilomter 0. Sebelum ada kilometer seperti sekarang, saya sudah duluan naik motor, solo riding kedestinasi tersebut"
 
"Waktu itu ke kilometer 0, pakai motor tua,  BMW tahun 1951. Karena jaman dulu motor tua banyak yang ilegal, banyak yang bodong,  tidak ada surat,  saya mau jalan sendiri/solo riding, kan tidak enak kalau ditangkap polisi karena tidak ada surat. Motor yang ada suratnya motor Triump, Royal Anfield, Harley Davidson. Saya putuskan solo riding pakai BMW tua, hampir seluruh Indonesia kecuali Irian, karena waktu itu Irian belum ada jalan seperti sekarang ini"
 
Jeffrey Polnaja alias JJ, solo riding keliling dunia dimulai tahun 2006. Awalnya akan dilaksanakan 2001, terkait adanya peristiwa 911. Waktu itu Indonesia kan disebut sebagai negara teroris, jadi ingin protes kepada dunia, tetapi dengan cara elegan. 
 
"Akhirnya saya mulai solo riding keliling dunia, ditiap negara kan hampir semua perjalanan solo riding saya masuk televisi, kita buktikan bahwa Indonesia cinta damai dan bagus"
 
"Nggak usah nunggu-nunggu dari pemerintah, kalau mau do something ya do aja, nanti mereka melirik ya boleh, kalau tidak ya tidak apa-apa, jangan karena pemerintah tidak nyumbang kita jadi tidak do something"
 
Menurut pengakuan Jeffrey Polnaja, sebelum solo riding keliling dunia, dirinya 5 tahun mencari sponsor,  dari 2001-2006 blank, tidak ada yang mau, disebut orang gila, mimpinya ketinggian. 
 
 
"Ada yang ngomong, kang JJ, sejak Indonesia merdeka, nggak ada orang keliling dunia, jadi gak bisa, gak mungkin, ya udah saya jawab terima kasih kepada mereka,  karena mereka tidak mengerti, dan percuma jelaskan kepada orang yang tidak mengerti,  mau dikasih penjelesan apapun karena mereka sudah menutup diri"
 
"Sampai akhirnya saya bertemu dengan orang-orang yang dedikasinya tinggi, salah satunya Fahmi Idris sebelum menjadi Menteri. Akhirnya saya dapat motor, karena tidak punya duit saya cari sponsor, sampai akhirnya saya jual company baru jalan"
 
"Tapi ternyata dijalan lebih banyak, dan terbuka, pintu-pintu gerbang itu, pintu-pintu yang kita pikir tertutup, dia terbuka, akhirnya tergantung amalan, jadi jangan takut."
 
"Ayam saja dihutan dipelihara Allah, apalagi kita manusia yang diberi akal, yang penting niatnya bagus" Ungkap Jeffrey Polnaja alias JJ
 
Menurutnya mimpi harus tinggi, dan jangan nunggu kaya untuk meraih mimpi. 
 
Diceritakannya, selama solo riding keliling dunia, salah satu kendala yang dihadapi yakni kendala bahasa, maka waktu itu bawa kamus bahasa Inggris Oxford yang tebal Audzubillah, karena waktu itu belum ada google translate. 
 
Namun menurutnya, dari beragam kendala yang dihadapi selama solo riding keliling dunia, ada beragam pelajaran yang bisa diambil, diantaranya yakni, pertama, jangan berhenti belajar. Kedua, masalah yang kita jalani, lama-lama tidak ada masalah.
 
Ketiga, yang disebut masalah adalah kita tidak cara menyelesaikannya, kalau kita sudah tahu bukan masalah.  Keempat, sang Pencipta itu tidak akan kasih kita masalah kalau kita tidak sanggup. Kelima, banyak hal yang lebih sulit ketika dipikirkan daripada ketika dijalankan. 
 
Dikatakan Jeffrey Polnaja (JJ), ketika dirinya start, kan nobody, tidak ada orang yang tahu, tetapi dalam perjalanan orang mulai tahu, mungkin sangat lebih dikenal didunia daripada di Indonesia sendiri. 
 
Menurutnya kita harus meninggalkan jejak- jejak, karena kalau kita cuma riding lalu tidak ada yang tahu juga, kan percuma, ini kan fokusnya "Ride For Peace Indonesia" jadi ada misinya. 
 
Kendala berikutnya yakni keuangan. Selama riding keliling dunia menggunakan motor,  keuangan alias financial juga bermasalah, karena mahalnya akomodasi. 
 
"Ceritanya, ketika masuk Eropa tidak punya duit, tetapi selama kita jujur, apa adanya, pintu akan terbuka, maka diundanglah saya makan oleh salah satu komunitas motor BMW disana, alhamdulillah selain makan, saya dapat amlpop untuk transportasi"
 
"kalau bisa kita do something yang kita suka, tetapi dapat duit" kata Jeffrey Polnaja alias JJ itu. 
 
Menurutnya, selama solo riding keliling dunia menggunakan motor, semua negara berkesan, karena tiap negara punya keunikannya tersendiri. 
 
Salah satu yang berkesan adalah ketika solo riding di negara konflik, Afghanistan, kenapa bertahan, karena dinikmati.
 
"Nikmatilah apa yang Allah berikan kepadamu, nikmatilah apa yang semesta berikan padamu, apapun itu, pasti ada maksudnya", katanya. 
 
Tiap daerah/negara memiliki keunikan tersendiri, tergantung minat kita, misalnya senang bukit, bisa kunjungi Scotlandia, senang dengan salju, kunjungi New Zealand. 
 
Dikatakannya, salah satu pengalaman menarik/unik dan tidak akan terlupakan yakni ketika berada di Mexico. Ada satu intuisi ketika berada disebuah tempat makan bersama teman, dan ingin segera meninggalkan tempat tersebut, faktanya, sslamat dari ledakan bom. 
 
"Hidup ini sudah ada yang atur, jangan nantang, kita berserah saja, dan jangan ciptakan ketakutan"
 
Jefffy Polnaja (JJ), mengaku, belum lama ini dirinya mendapat "Life Time Achievment Award" dari IMI mewakili pemerintah. Menurut informasi, baru dua orang yang mendapatkan award tersebut. 
 
Salah satu buku hasil karyanya yakni "Wind Rider" atau jika diterjemahkan artinya menunggang angin,  kenapa diberi judul tersebut, karena menurutnya angin itu ada dimanapun, jadi saya menunggang saja, ikut kemanapun dibawanya. ***

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Exhibition Perdana Honda WR-V Hadir Di Kota Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 10:19 WIB

Motor Listrik ini Cuma 8 Jutaan, Solusi Harga BBM Naik

Minggu, 18 September 2022 | 10:52 WIB

Honda Tambah Dealer Di Cikampek

Kamis, 1 September 2022 | 16:30 WIB
X