Meningkatnya Industri Manufaktur Indonesia

- Sabtu, 26 November 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi industri manufaktur Indonesia (pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi industri manufaktur Indonesia (pixabay/mohamed_hassan)

bisnisbandung.com - Kontribusi sektor industri manufaktur Indonesia terhadap pertumbuhan ekonomi nasional (produk domestik bruto/PDB) pada triwulan III 2022 menurun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Mengutip data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS), kontribusi sektor industri manufaktur Indonesia terhadap PDB negara pada triwulan III 2022 sebesar 17,88 persen. Sedangkan pada triwulan III 2021 kontribusinya masih 19,15 persen.

Menurut Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Industri Bobby Gafur Umar, penurunan tersebut disebabkan sejumlah faktor yang dinilai menjadi biang keladinya.

Baca Juga: Simak 5 Ciri Pasangan Selingkuh, Nomor 4 Paling Meresahkan

Diantaranya, inflasi ekonomi di sejumlah negara, mahalnya biaya logistik bahan baku dan energi, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), dan hilangnya pasar ekspor terhadap industri manufaktur Indonesia

“Jadi otomatis yang tadinya ekspansif mulai mengerem, bahkan mulai melakukan efisiensi,” kata Bobby, Senin (7/11/2022).

Beberapa industri dinilai masih menahan, antara lain industri otomotif dan properti, seiring dengan kenaikan suku bunga acuan.

Selain otomotif dan properti, tekstil dan produk tekstil (TPT) yang baru-baru ini kehilangan 50 persen pasar ekspornya juga dinilai sangat rentan.

Kendati demikian, Bobby menilai industri makanan dan minuman (mamin) masih cukup tangguh meski di tengah gempuran persoalan ekonomi karena ditopang oleh pasar domestik yang relatif baik.

"Jadi, ini memang harus ada balance yang tepat dari pemerintah. Dan ini harus hati-hati karena ekonomi dunia. Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo, sedang tidak baik-baik saja," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: Indonesia.go id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kapolri Mengawasi Penggunaan Anggaran Pemda

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB

Ini Syarat Membuat SIM C1 dan SIM C2

Rabu, 1 Februari 2023 | 19:05 WIB

Ini Penyebab Pelat Nomor RF Tak Lagi Diberlakukan

Rabu, 1 Februari 2023 | 18:05 WIB

Efektifkah Penambahan 70 Kamera ETLE Di Jakarta

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:05 WIB
X