Rela mati demi keselamatan Presiden, berapa sih kira-kira Gaji & Tunjangan Paspampres?

- Jumat, 25 November 2022 | 21:00 WIB
Paspampres merupakan anggota kesatuan pasukan pengamanan Presiden yang bertugas menjaga orang nomor 1 di Indonesia hingga negara (Tangkapan layar youtube Studio Langit)
Paspampres merupakan anggota kesatuan pasukan pengamanan Presiden yang bertugas menjaga orang nomor 1 di Indonesia hingga negara (Tangkapan layar youtube Studio Langit)

Bisnisbandung.com - Berbicara tentang Paspampres, tentu tak akan lupa jika kemana Presiden pergi atau melakukan sebuah kunjungan yang memastikan keselamatan pemimpin.

Pasukan Pengamanan Presiden atau sering disebut sebagai Paspampres yang selalu siap siaga menjaga bahkan rela mati demi keselamatan Presiden.

Seperti diketahui, Paspampres bertugas melaksanakan dan menjamin keselamatan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden serta keluarganya.

Baca Juga: Awas! Kenali 12 Ciri-ciri Gebetan Yang Suka Ghosting Agar Hidup Anti Galau

Tidak hanya mengamankan Presiden, Wakil Presiden hingga keluarganya, PASPAMPRES pun bertugas untuk memastikan upacara kenegaraan berjalan dengan lancar.

Paspampres juga mendapatkan tugas untuk menjaga mantan Presiden RI, Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

Anggota Paspampres dipilih dari Tentara Nasional Indonesia yang terdiri dari Angkatan Darat, laut, maupun Angkatan Udara.

Baca Juga: Sisi Gelap Kehidupan Korea Selatan, Tak Seindah Drakor

Terdiri dari 4 Grup yang dibagi untuk pengamanan Presiden dan Wakil Presiden. Grup A bertugas mengamankan Presiden dan keluarganya.

Grup B bertugas mengamankan Wakil Presiden dan keluarganya. kemudian Grup C bertugas mengamankan tamu negara setingkat kepala negara atau pemerintahan.

Sedangkan yang terakhir Grup D ditugaskan untuk menjaga atau melakukan pengamanan untuk mantan Presiden dan Wakil Presiden.

Baca Juga: Simak, 13 Menu Diet Yang Mudah Dibuat, Mempermudah Anda Segera Langsing

Paspampres juga memiliki satuan pendukung seperti Eskadron Kavaleri Panser (DRONKAVSER), Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan (YONWALPROTNEG), Datasemen Deteksi, Kesehatan, Peralatan, Pembekalan Angkutan, Latihan, hingga Datasemen musik militer.

Meskipun terlihat tegap dan berlatar belakang tentara, PASPAMPRES diharuskan bersikap lembut dan humanis. khususnya saat mengawal Presiden Jokowi yang hobinya selalu blusukan.

Halaman:

Editor: Alit Suwirya

Sumber: Youtube Studio Langit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X