Ekspor Batu Bara Tetap Dilakukan Ditengah Menipisnya Stok Dalam Negeri

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi harga batu bara dunia sedang meningkat karena adanya kebutuhan energi dunia, banyak perusahaan Indonesia memilih untuk ekspor daripada memenuhi kebutuhan dalam negeri (Unsplash)
Ilustrasi harga batu bara dunia sedang meningkat karena adanya kebutuhan energi dunia, banyak perusahaan Indonesia memilih untuk ekspor daripada memenuhi kebutuhan dalam negeri (Unsplash)

Bisnis Bandung - Pengamat Perdagangan Internasional/Dosen Perdagangan Internasional Universitas Widyatama, Dwi Fauziansyah Moenardy S.IP,. M.I.Pol mengemukakan, pada  1 Januari pemerintah telah menerapkan kebijakan larangan ekspor batu bara.

Larangan ini dikeluarkan karena rendahnya tingkat pasokan batu bara untuk pembangkit listrik domestic. 

Melalui kebijakan ini langkah Kementerian ESDM telah memenuhi seluruh kebutuhan pasokan batu bara

Kementerian ESDM, telah memberikan penugasan dari Januari sampai bulan ini tambahan pasokan sebesar 31,8 juta metrik ton, dimana dari penugasan tersebut success rate sekitar 45% yakni 14,3 juta metrik ton yang sudah terkontrak.

Baca Juga: “Mereka Kembali” Jalan Kaki dari Yogya ke Jabar Pasukan Siliwangi Menempuh Perjalanan Dua Bulan

Langkah dari Kementerian ESDM ini sepertinya masih kurang, mengutip Informasi dari PT.PLN (Persero), hingga bulan agustus ini masih membutuhkan tambahan pasokan batu bara sebesar 7,7 juta metrik ton.

Hal ini untuk mengatasi tren pasokan batu bara yang menurun karena disparitas harga yang tinggi dengan harga batu bara dalam negeri.

Serta, pertumbuhan ekonomi yang mendorong permintaan akan listrik. 

Situasi ini tidak terlepas dari banyaknya perusahaan yang tidak berkomitmen dengan kebijakan pemerintah untuk pemenuhan batu bara dalam negeri. 

Kondisi saat ini harga batu bara dunia sedang meningkat karena adanya kebutuhan energi dunia, banyak perusahaan Indonesia memilih untuk ekspor daripada memenuhi kebutuhan dalam negeri. 

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siapakah Penghuni Pertama Ibu Kota Nusantara (IKN)?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB

Ingin Hemat? Saatnya Beralih Ke Motor Listrik

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

IA-ITB Tanggap Darurat Bencana gempa Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 21:40 WIB

Meningkatnya Industri Manufaktur Indonesia

Sabtu, 26 November 2022 | 12:00 WIB
X