Kapan Waktu Terbaik Membeli Saham? Simak Prinsip Investasi Sir John Templeton

- Senin, 11 April 2022 | 09:45 WIB
Sir John Templeton ungkapkan prinsip investasi (YouTube/ Female Investor Indonesia)
Sir John Templeton ungkapkan prinsip investasi (YouTube/ Female Investor Indonesia)

Bisnis Bandung - Dalam dunia investasi umumnya investor dapat melakukan analisis fundamental dan teknikal sebelum mengambil keputusan membeli atau menjual sebuah saham.

Analisis fundamental menyangkut data laporan keuangan, profesionalisme jajaran manajemen, dan potensi market pada bidang usaha emiten bersangkutan.

Kemudian dikenal juga analisis teknikal yang menggunakan sejarah harga sebagai patokan dengan memadupadankan teori statistik terkait.

Salah satu metode pembelian saham yang cukup unik pernah diterapkan oleh Sir John Templeton sepanjang karirnya menjadi seorang investor.

Sebagai Investor Sir John Templeton dikenal menggunakan prinsip contrarian yang mana selalu mengambil posisi kebalikan dengan arah trend market.

Baca Juga: 5 Hal Penting untuk Diketahui Sebelum Investasi Cryptocurrency

Dikutip dari Investopedia, dia sengaja mencari saham-saham yang sudah ditinggalkan atau diabaikan investor. Templeton melihat bisnis yang bermasalah sebagai peluang untuk berkembang.

Dia juga mencari aset yang dinilai terlalu tinggi dan mengambil posisi investasi untuk mengambil keuntungan dari kejatuhannya.

Pada tahun 1939 ketika tercetus perang dunia ke-2 dimana kepanikan dan pesimisme mendominasi bursa saham, dia melakukan langkah yang cukup ekstrem dalam berinvestasi.

Dikutip dari channel youtube Female Investor Indonesia, dia meminjam sejumlah uang ke bank untuk diinvestasikan ke semua saham yang dijual dengan harga dibawah 1 USD di Bursa Saham New York.

Halaman:

Editor: Yayu Rahayu

Sumber: Investopedia, YouTube Female Investor Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X