Berencana Buyback, Ini Harga Wajar Saham ARNA Menurut Manajemen

- Selasa, 12 September 2023 | 12:35 WIB
Produk PT Arwana Citramulia Tbk atau ARNA  (dok arwanacitra)
Produk PT Arwana Citramulia Tbk atau ARNA  (dok arwanacitra)

Bisnisbandung.com - PT Arwana Citramulia Tbk atau ARNA pada keterbukaan informasi 11 September 2023 mengumumkan rencana pembelian kembali saham atau buyback saham.

Pelaksanaan buyback saham ARNA akan diselesaikan dalam waktu 18 bulan setelah tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang telah menyetujui rencana aksi korporasi tersebut mulai tanggal 19 Oktober 2023 hingga 18 April 2025.

Manajemen ARNA menyatakan bahwa dana yang disediakan untuk buyback saham adalah sebanyak - banyaknya sebesar Rp 150.000.000.000.

Buyback saham ARNA akan dilakukan hingga harga maksimum sesuai denan peraturan yang berlaku sehingga jumlah nominal saham yang akan dibeli nantinya tergantung pada harga saham di bursa.

Baca Juga: 3 Cara Memilih Lip Tint yang Ideal, Tampil Glamour

Aksi korporasi buyback saham ini dilakukan oleh manajemen ARNA untuk menjaga kewajaran harga saham berdasarkan data historical Price Earnings Ratio (PER) dalam 10 tahun terakhir.

Manajemen ARNA menyatakan bahwa nilai wajar saham perusahaan adalah minimal 15 kali dari Earning Per Share atau EPS.

Pelaksanaan buyback saham akan dilakukan melalui salah satu anggota bursa efek yaitu PT RHB Sekuritas Indonesia pada harga yang lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya.

Direkur ARNA Edy Suyanto melalui keterbukaan informasi menyatakan bahwa buyback saham akan berdammpak positif bagi para pemegang saham dan juga perusahaan karena harga saham akan lebih stabil.

Baca Juga: Berakhir Seperti Ini Emak-Emak Yang Viral Geser Barrier di Tol

Selain itu aksi buyback saham diharapkan dapat merefleksikan proforma pencapaian kinerja ARNA yang baik hingga saat ini.

Sepanjang tahun 2023, saham ARNA sendiri sudah melemah lebih dari 20% secara year to date.

Hal ini terjadi seiring dengan melemahnya kinerja perusahaan sepanjang semester I 2023.

Penjualan ARNA tercatat sebesar Rp 1,22 triliun rupiah sepanjang semester I 2023 atau turun sebesar 9,76% secara year on year (yoy).

Halaman:

Editor: Alit Suwirya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Serba-Serbi Transaksi Aset Kripto 3 Bulan Terakhir 2023

Senin, 18 September 2023 | 19:30 WIB

Beli Saham CNMA Cinema XXI Bikin Untung Atau Rugi?

Kamis, 14 September 2023 | 16:30 WIB

Robert Kiyosaki: Pasar Real Estate akan Runtuh

Rabu, 13 September 2023 | 12:00 WIB
X