Sabun Sepatu Spatoclean, Ramah Lingkungan Tidak Mengandung Bahan Kimia Sintetis

- Jumat, 3 Juni 2022 | 13:30 WIB
Ciri khas produk Spatoclean adalah dari bahan organik dan aman dikulit (Spatoclean)
Ciri khas produk Spatoclean adalah dari bahan organik dan aman dikulit (Spatoclean)

Bisnis Bandung - Pemilik usaha produk sabun khusus sepatu "Spatoclean" ini, bernama Rosmiatini Faozah.

Rosmiatini Faozah mengungkapkan, sebelum menggeluti usaha produk sabun khusus sepatu "Spatoclean", tahun 2017 usaha bikin Beanbag.

"Karena pemasaran Beanbag kurang, pada tahun 2018 ide bikin laundry sepatu yang modalnya tidak banyak dan tidak perlu tempat khusus. Namun karena sabun laundry saat itu masih sangat jarang dan mahal, akhirnya kita bikin sendiri sabun khusus sepatu, dengan ilmu yang didapat dari kursus bikin sabun, mek dagangnya Spatoclean", ungkap Rosmiatini Faozah.

Baca Juga: Ini Cara Aman Membersihkan Ponsel dengan Air dan Sabun

Dikatakannya, usaha produk sabun khusus sepatu ini, tidak ada kaitan dengan latar belakang pendidikan ataupun latar belakang keluarganya.

Kemampuan produksi sabun khusus sepatu ini, perbulannya kurang lebih 500 botol.

Dikatakannya, bahan yang digunakan untuk memproduksi sabun khusus sepatu ini dari lokal yaitu minyak kelapa dan zaitun. Dan untuk membuatnya tidak membutuhkan keahlian khusus.

Untuk memproduksi sabun khusus sepatu, sekali produksi membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari, dan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja, satu orang tenaga kerja cukup.

Sang pemilik Spatoclean ini mengklaim, produk sabun khusus sepatu yang diproduksinya, ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia sintetis, karena menggunakan bahan natural oil.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keseruan DCDC Ngabuburit Di Uninus

Jumat, 29 April 2022 | 13:10 WIB
X