Alasan Seseorang Lakukan Silent Treatment dan Cara Menghadapinya

- Kamis, 25 Mei 2023 | 19:30 WIB
terkadang diam adalah pilihan seseorang saa menghadapi masalah. (sasint / pixabay)
terkadang diam adalah pilihan seseorang saa menghadapi masalah. (sasint / pixabay)

Bisnisbandung.com - Silent treatment atau tindakan diam tanpa penjelasan merupakan salah satu bentuk penolakan untuk berkomunikasi secara verbal atau tidak menginginkan berbicara dengan seseorang.

Perilaku ini bisa terjadi pada siapapun dan dilakukan oleh siapapun, termasuk pasanganmu. Biasanya silent treatment terjadi sebagai reaksi seseorang saat merasa marah, frustrasi, atau kewalahan untuk menghadapi masalah.

Tindakan ini menjadi bagian dari pola kontrol atau pelecehan emosional terhadap orang lain. Seseorang yang menjadi korban silent treatment akan merasa ditolak atau dikucilkan.

Silent treatment sering dianggap sebagai tindakan manipulasi emosional ataupun kontrol. Biasanya, silent treatment terjadi dalam hubungan percintaan. Bisa jadi, pasangan yang melakukan silent treatment ini akan berhenti berbicara setelah bertengkar.

Baca Juga: Inilah Dibalik Rahasia Skincare yang Dipakai Ala Artis Korea

Orang yang menggunakan silent treatment ini mungkin kesulitan mengkomunikasikan rasa sakitnya.

Sementara orang yang menerima perlakuan diam seperti silent treatment ini, cenderung mengalami ancaman terhadap kebutuhan mereka akan rasa memiliki, harga diri, kontrol, maupun terkait keberadaan yang berarti.

Oleh karena itu, ia tidak tidak senang sehingga menolak untuk berbicara atau melakukan kontak mata dengannya. Namun tidak hanya itu, silent treatment juga bisa terjadi dengan anggota keluarga, pertemanan, hingga rekan kerja.

Jika sudah menjadi pola sikap, silent treatment cenderung lebih kepada mengucilkan orang lain untuk waktu yang lama. Ketika hal ini terjadi pihak penerima mungkin merasa tidak terlihat.

Mereka seolah mereka tidak penting bagi orang yang melakukan silent treatment. Sejatinya, ada banyak alasan mengapa seseorang melakukan silent treatment.

Baca Juga: Sinyal dari Pria yang Sudah Mantap Memilih Kamu Sebagai Calon Istri: Gimana Udah Siap Menikah ?

1. Menyalahkan Kamu karena Suatu Masalah

Mungkin bagi pelaku mengambil sikap silent treatment ini adalah sebuah jalan keluar yang mudah. Penyebab silent treatment yaitu seseorang mungkin menyalahkan kamu atas suatu masalah, dan memilih mengabaikan kamu sehingga masalah itu bisa hilang.

Bisa saja sikap ini dinilai terlalu tidak dewasa. Bahkan, ironisnya justru bisa memperburuk keadaan hubungan.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara agar Pria Segera Mengajakmu Menikah

Minggu, 4 Juni 2023 | 21:30 WIB

5 Tanda Kamu Wanita Istimewa Bagi Pria

Minggu, 4 Juni 2023 | 20:15 WIB
X