Ketegangan Antara 2 Negara Ancam TikTok, Bisa Bahayakan?

- Rabu, 23 Februari 2022 | 15:32 WIB
Donald Trump Ancam Blokir TikTok, Bisa Bahayakan?
Donald Trump Ancam Blokir TikTok, Bisa Bahayakan?

SETELAH Huawei, TikTok kini menjadi 'korban' berikutnya dari ketegangan antara 2 negara besar dunia, yakni Amerika Serikat (AS) dan China.

Seminggu belakangan ini, dengan dalih platform video pendek populer itu adalah milik ByteDance, perusahaan teknologi terkemuka yang berbasis di Beijing.

Karena dimiliki perusahaan China, anggota parlemen AS dan anggota administrasi Trump menilai, aplikasi video pendek itu bisa mengancam keamanan nasional negaranya.

Tak main-main, Trump bahkan memberikan batas waktu untuk memblokir TikTok pada 15 September 2020. Langkah itu bisa batal, kecuali platform yang sedang digandrungi ini dijual ke perusahaan AS.

"Tiktok akan ditutup pada 15 September, kecuali Microsoft atau perusahaan lain membelinya dan mencapai kesepakatan," kata Trump, sebagaimana dikutip dari AFP, Selasa (4/8/2020).

Demi memuluskan bisnis TikTok di Negeri Paman Sam, ByteDance bernegosiasi dengan sejumlah investor asal AS. Microsoft muncul dan mengumumkan jika tertarik untuk membeli TikTok.

Dalam pernyataannya, Microsoft menuturkan ingin menyelesaikan kesepakatan paling lambat 15 September. "Selama proses ini, Microsoft berharap untuk melanjutkan dialog dengan pemerintah AS, termasuk dengan Donald Trump," kata Microsoft dalam pernyataannya.

Trump berujar dirinya akan menyetujui kesepakatan penjualan TikTok ke Microsoft, dan mengharapkan pembayaran (merujuk pajak yang dibayarkan pada akuisisi) ke Departemen Keuangan AS sebagai bagian dari kesepakatan.

Padahal, sebelumnya Trump mengatakan pada Jumat (31/7/2020), bahwa dia tidak menyetujui kesepakatan semacam itu dan tetap ingin melarang TikTok.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

POCO Dorong Adopsi 5G di Indonesia

Selasa, 31 Mei 2022 | 12:38 WIB

Rekayasa Teknologi Daging Untuk Konsumsi

Kamis, 7 April 2022 | 11:51 WIB

Tren Adaptasi Bisnis di Tahun 2022

Jumat, 11 Maret 2022 | 15:17 WIB

Cara Pakai QR Code untuk Bagikan Profil Instagram

Rabu, 23 Februari 2022 | 12:15 WIB
X