Rifat Sungkar Beberkan Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

- Rabu, 15 Desember 2021 | 12:00 WIB
Rifat Sungkar Beberkan Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil
Rifat Sungkar Beberkan Tips Merawat Sistem Kelistrikan Mobil

Bisnis Bandung - Pereli nasional dan juga Brand Ambassador Mitsubishi yaitu Rifat Sungkar untuk kesekian kalinya kembali berbagi tips perawatan kendaraan yang dikemas dalam MMKSI virtual Interview yang didelar secara daring, Selasa 14 Desember 2021.

Acara yang digagas oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kali ini membahas seputar tips merawat sisitem kelistrikan mobil yang secara langsung disampaikan oleh Rifat Sungkar.

Kata Rifat, mobil itu identik juga dengan hal-hal tentang electrical. Tapi yang kita tahu secara umum, elektrik itu cuma pada lampu dan aki.

Padahal di kendaraan, electrical itu ada empat kriteria. Yakni kelistrikan bagian luar, interior, mesin dan dalam sistem keamanan kendaraan itu sendiri.

Rifat membahasnya secara gamblang satu persatu. Menurutnya Untuk kriteria pertama elektrikal bodi pada kendaraan dibagi dalam dua tipe, yakni body harness dan engine harness.

Body harness adalah kabel yang berhubungan dengan kelistrikan, lampu, power steering, sound system. Sedangkan untuk engine harness, terkait dengan penggerak yakni engine dan gearbox. Tipe ini adalah sistem kelistrikan yang berhubungan dengan ECU, Otak dari sebuah kendaraan.

Selajutnya adalah kriteria Kedua yaitu electrical interior. Ini bagian dalam mobil dan memang bagian dari body harness. Cuma bagian dalamnya saja.

"saya mungkin harus menyampaikan lebih detail karena di sistem kelistrikan yang suka banyak gangguan pada mobil. Seprti halnya suka banyak yang modifikasi audio, aksesoris, chargernya banyak dan menggunakan inverter.

Rifat menjelaskan Padahal kendaraan modern umumnya telah menggunakan teknologi Canbus yang berfungsi mengatur daya di masing-masing komponen kendaraan sesuai dengan kebutuhannya.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Exhibition Perdana Honda WR-V Hadir Di Kota Bandung

Kamis, 24 November 2022 | 10:19 WIB

Motor Listrik ini Cuma 8 Jutaan, Solusi Harga BBM Naik

Minggu, 18 September 2022 | 10:52 WIB

Honda Tambah Dealer Di Cikampek

Kamis, 1 September 2022 | 16:30 WIB
X