Waspadai Jika HP Tiba-tiba Hilang Sinyal

- Sabtu, 11 September 2021 | 15:15 WIB
no signal
no signal

BISNIS BANDUNG -- Jika handphone (hp) Anda tiba-tiba hilang sinyal, tidak aktif, dan tidak berfungsi, maka Anda mesti waspada.

Karena, bisa jadi Anda menjadi korban SIM swap alias kartu SIM Anda diambil alih oleh orang lain tanpa sepengetahuan Anda.

Hal ini menjadi penting lantaran di era digital sekarang, kartu SIM bisa dibilang merupakan 'harta' yang paling berharga di era digital. Bukan tanpa alasan, kartu SIM yang berisi nomor telepon sering tersambung dengan akun media sosial atau akun berbagai layanan digital hingga perbankan.

Pakar keamanan siber dari CISSRec Pratama Persadha mengatakan kartu SIM menjadi sangat krusial di era digital. Pasalnya semua identitas dan akun media sosial harus menyertakan nomor telepon untuk melakukan pendaftaran.

Sehingga, penting bagi Anda untuk benar-benar melindungi kartu SIM yang digunakan untuk akses berbagai media sosial dan perbankan ini.

Begitu peretas bisa mengambil alih kartu SIM, maka peretas bisa masuk ke akun-akun yang tersambung dengan nomor tersebut.

Kartu SIM juga jadi kunci pengamanan otentikasi dua faktor (two factor authentication/ TFA) yang saat ini kerap digunakan berbagai layanan digital. Sebab, kode otentikasi akan dikirim ke kartu SIM menggunakan one time password (OTP) melalui SMS ataupun pengiriman kode USSD.

Kasus Maia Estianty bisa menjadi contoh lemahnya pengamanan dompet digital. Pelaku bisa mengambil alih akun Gopay Maia dengan menggunakan kode OTP yang diberikan dari Gojek.

Apa itu SIM Swap?

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Earphone Olahraga Nirkabel Terbaik

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X