Kenali Beda TV Digital dan Layanan Streaming Video

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 15:01 WIB
Kenali Beda TV Digital dan Layanan Streaming Video
Kenali Beda TV Digital dan Layanan Streaming Video

BISNIS BANDUNG -- Pemerintah Indonesia tengah melaksanakan migrasi siaran televisi teresterial dari analog ke digital atau analog switch off (ASO).

Namun, hingga saat ini, masih banyak orang menyamakan siaran TV digital dengan layanan streaming video yang banyak tersedia saat ini. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda.

TV digital sendiri merupakan siaran yang menggunakan frekuensi radio VHF/UHF layaknya siaran analog, namun dengan format konten yang digital. Tak seperti analog yang kualitasnya gambarnya akan memburuk saat posisi semakin jauh dari pemancar, TV digital menjanjikan gambar dan suara yang tetap jernih.

Salah satu ciri utama TV digital adalah penggunaan sistem pemancar DVB-T/T2 yang di dalamnya merupakan pengembangan dari standar digital DVB-T.

Sama-sama menggunakan teknologi termutakhir, banyak orang sulit membedakan TV digital dan layanan streaming video. Beberapa bahkan menganggap keduanya sama.

Beda TV digital dan layanan streaming video salah satunya terletak pada sistem berlangganan. Layanan streaming pada umumnya mengenakan biaya tertentu untuk berlangganan, tapi tidak dengan TV digital.

"Siaran televisi digital ini bebas bayar," ujar Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Geryantika Kurnia, mengutip laman Kemenkominfo.

Perbedaan kedua terletak dari penggunaan internet yang dibutuhkan untuk mengakses layanan streaming. TV digital sama sekali tak memerlukan akses internet atau harus menggunakan televisi pintar yang tersambung ke internet.

Siaran TV digital merupakan siaran terestrial yang biasa dilihat sehari-hari yang menggunakan frekuensi digital. Televisi model lama masih bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital jika disambungkan ke perangkat set top box.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Earphone Olahraga Nirkabel Terbaik

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X