WISUDAWAN DIHANTUI RASA FOMO

- Senin, 25 Juli 2022 | 18:31 WIB
Illustrasi Wisuda (pixabay)
Illustrasi Wisuda (pixabay)

By: Hasna Amalliya (RIL ‘21) dan Jihan Camilla (Matematika ‘21)

Di era industri 4.0, tentunya gen alpha sudah ga asing lagi nih sama istilah “FOMO”. Menurut kalian, apa nih kira-kira FOMO itu? Menurut Przybylski, Dehaan, dan Gladwel (2013), fomo merupakan kekhawatiran yang dimiliki seseorang yang bersifat pervasif ketika melihat orang di sekitar memiliki nilai value yang lebih seperti pengalaman yang berharga dan biasanya memiliki ciri-ciri adanya dorongan untuk selalu terhubung dengan orang lain. Nah, kalau menurut salah satu wisudawan juli 2022 ITB yang bernama Isco (Teknologi Pascapanen, Fakultas SITHR 2018) fomo ialah takut kehilangan pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang dengan hal baru dan kita tidak bisa serupa mereka. Nah, apakah kalian termasuk salah satu yang memiliki sifat tersebut?
Tenang aja gais, fomo juga memiliki kelebihan lho, salah satunya ajang trik psikologi untuk marketing yang ditawarkan kepada konsumen. Menurut data yang ada, sebanyak 60% generasi muda zaman sekarang memutuskan untuk membeli, menggunakan, atau menyewa sesuatu karena FOMO dengan teman-temannya. Nah, meskipun demikian, kita juga harus mengurangi perasaan tersebut karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan mental di dunia nyata kita, stress melihat orang lain yang tidak ada batasnya, depresi, dll. Nah, gimana sih tips menghindari FOMO??

Baca Juga: Wisuda ASMTB Angkatan XXXV Sudah 35% Terserap Dunia Kerja

1. Fokus terhadap diri sendiri
Dengan adanya target kehidupan sendiri tentu membuat kita mengatur diri agar tidak selalu berpatokan dengan sosial media yang hanya memperlihatkan sisi kesenangan nya saja. Setiap orang mempunyai waktunya masing-masing yang sejalan dengan kehidupan takdirnya. Tidak bisa menjadikan tolak ukur kesuksesan orang lain disamaratakan dengan tujuan hidup kita. Ga cuma itu, kita juga jangan mudah termakan esmosi, eh engga deng, emosi maksudnya ketika selintas terpikir “Kok dia banyak banget si penghargaannya, sedangkan gue gini-gini aja”.



2. Mencari relasi di kehidupan nyata
Tidak sekadar berkenalan di media sosial doang gais, kita juga harus berkenalan dengan orang baru di sekitar kita meskipun kebanyakan dari kita sulit untuk cepat beradaptasi dengan orang baru. Dengan adanya relasi baru, kita bisa bertukar pikiran dengan ide-ide mereka yang mungkin saja menjadi penemuan terbaru atau bahkan menjadi ajang promosi diri ke suatu perusahaan orang yang kita ajak bicara tersebut. Banyak banget manfaat yang bisa diambil dari mencari relasi di kehidupan nyata.

3. Menikmati dan mensyukuri kehidupan yang dijalankan
Banyak banget hal yang bisa kita lakukan yang bermanfaat apabila menikmati dan mensyukuri kehidupan yang sedang dijalankan seperti meluangkan waktu untuk me time, healing bersama teman dan keluarga, berbagi rezeki dengan orang yang kehidupannya masih kurang mampu di bawah kita, mengikuti volunteer untuk mencari pengalaman, mengembangkan hobi dan soft skill, mengikuti suatu kursus, dll.

Baca Juga: WISUDA UNIVERSITAS TERBUKA PERIODE II TAHUN AKADEMIK 2019/2020



4. Belajar untuk menolak dan menerima tawaran sesuai tingkat prioritas
Menurut salah satu wisudawan juli 2022 ITB yang lain yang bernama Nathnil (Teknologi Pascapanen, Fakultas SITHR 2018) “Karena sudah terlanjur diterima, saya belajar dari kesalahan saya, karena udah kapok keteteran. Jadi saya belajar untuk menolak dan menerima tawaran berdasarkan prioritas, apakah tawaran itu akan mengganggu prioritas saya kuliah di itb (urusan akademik) atau tidak, dsb”. Nah, artinya dalam 4 skala prioritas yang sudah kita terapkan di kehidupan sebelumnya, kita juga harus mempertimbangkan sesuatu sesuai urgensi kepentingannya, mulai dari penting banget hingga tidak bermanfaat bagi kehidupan kita mendatang.

Halaman:

Editor: Us Tiarsa

Tags

Terkini

Tips 7 Langkah Membuat Rutinitas Pagi Yang Sempurna

Jumat, 5 Agustus 2022 | 21:00 WIB

6 Hal Penting UntukMenjaga Kesehatan Mental!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 12:00 WIB

7 Alasan yang membuat kita sulit menggapai impian

Kamis, 4 Agustus 2022 | 11:49 WIB

WISUDAWAN DIHANTUI RASA FOMO

Senin, 25 Juli 2022 | 18:31 WIB

Olahraga Baiknya Dilakukan Pagi atau Malam Hari

Kamis, 7 Juli 2022 | 18:00 WIB
X