Peluang Bisnis di Tengah Gaya Hidup "Cashless"

- Jumat, 15 Januari 2021 | 17:45 WIB
cashless
cashless

BISNIS BANDUNG - Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat perubahan gaya hidup masyarakat menjadi lebih modern, salah satunya era cashless society atau masyarakat tanpa uang tunai.

Tanpa pandang bulu, segala jenis kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua tidak terlepas dengan benda yang bernama smartphone. Contohnya, sebagian orang saat ini tidak terlalu khawatir saat meninggalkan dompet di rumah karena sudah ada smartphone yang bisa dengan mudah melakukan pembayaran.

Ditambah lagi saat ini terdapat banyak sekali aplikasi pembayaran digital seperti GoPay, OVO, Dana, hingga ShopeePay yang membuat masyarakat terbiasa dengan metode pembayaran non tunai.

Nah, bagi pelaku usaha tentunya akan sangat rugi jka tidak menerapkan tren seperti ini untuk melakukan pemasaran. Sebab, hal tersebut bisa menjadi peluang yang besar bagi kemajuan bisnis Anda.

Namun, untuk Anda yang belum terpikir memulai bisnis seperti apa, berikut ini rekomendasi usaha yang menjanjikan dengan memanfaatkan pembayaran cashless atau non tunai:

  1. Bisnis Toko Kelontong

Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk berbelanja, membuka toko kelontong saat era transaksi non-tunai juga menjanjikan lho. Buktinya beberapa perusahaan e-commerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak menyediakan peluang usaha berupa mitra usaha bagi pemilik bisnis toko kelontong.

Sebab, selain menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, pemilik toko kelontong juga bisa menyediakan layanan pembayaran tagihan litrik, telepon, air. Bahkan, pembelian voucher listrik, pulsa telepon, paket data internet, dan lain-lain.

Untuk itu, bisnis yang  satu ini bisa jadi pilihan di era cashless, kalau perlu Anda bisa memberikan fasilitas pembayaran dengan e-money di warung Anda agar mereka yang tidak mempunyai uang tunai bisa lebih mudah untuk transaksi.

  1. Bisnis Makanan

Kalau yang satu ini tentu saja sudah marak yang menggunakan pembayaran tanpa uang tunai. Bisnis kuliner menjadi usaha yang tidak ada matinya dan mendapat pelanggan tetap karena pada dasarnya manusia memiliki kebutuhan pokok untuk makan.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Episode 6 She-Hulk, ini villain utama yang akan dihadapi

Senin, 26 September 2022 | 17:00 WIB

3 Cara Paling Mudah Mengatasi Patah Hati

Jumat, 16 September 2022 | 10:00 WIB

3 Tips Sehat Dalam Bermain Sosial Media

Kamis, 15 September 2022 | 12:00 WIB

5 Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Sabtu, 10 September 2022 | 12:00 WIB
X