Mojang Bandung Pebisnis Kerupuk Kulit Diwawancara Istana

- Rabu, 20 Mei 2020 | 12:00 WIB
Mojang Bandung Pebisnis Kerupuk Kulit Diwawancara Istana
Mojang Bandung Pebisnis Kerupuk Kulit Diwawancara Istana

DI usia 25 tahun, Ulfah Febrianti sukses mengembangkan usaha camilan tradisional bernama Dorokdokcu. Berkat keberhasilannya, mojang Bandung yang akrab disapa Ucu diundang dalam peluncuran kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi Presiden Joko Widodo.

Kampanye #BanggaBuatanIndonesia merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan gairah bisnis para pelaku UMKM, seperti Ucu di tengah Pandemi COVID-yang membuat minat beli masyarakat menurun. Ucu diundang untuk diwawancara pihak istana terkait kisahnya sebagai pelaku UMKM.

Kilas balik sebelum dipanggil Istana sebagai salah satu perwakilan UMKM yang sukses, Ucu memulai bisnisnya bermodal uang Rp 1,5 juta pinjaman dari orang tuanya. Awalnya ia membuat camilan dorokdok, kerupuk kulit khas Jawa Barat yang dibungkus plastik sebesar guling dan dibagikan kepada teman-temannya.

Ternyata responnya positif. Teman-teman Ucu meminta dikirimkan kembali dorokdok tersebut. Ia pun menangkap peluang untuk membuka usaha dorokdok.

Dalam menjalankan bisnisnya, Ucu bekerja sama dengan rekannya, Lutfi Azhar. Berbeda dengan Ucu yang sebelumnya tidak pernah berbisnis, Lutfi lebih berpengalaman di bidang bisnis. Beberapa jenis bisnis pernah dia coba. Mereka lantas mengembangkan Dorokdokcu, dengan membuat varian rasa, promosi, dan sebagainya.

Kerja keras mereka berbuah manis. Dalam waktu setahun, distributor Dorokdokcu tersebar di berbagai kota, seperti Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Gresik, Pasuruan, hingga Sidoarjo. (C-003)***

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Pentingnya Bersikap Bodo Amat Buat Situasi Kayak Gini

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:00 WIB

Kenapa Gak Boleh "Negative Thinking" ?

Senin, 6 Februari 2023 | 20:00 WIB
X