Cara Cegah Kerusakan Laptop Akibat Terkena Air

- Kamis, 16 Juli 2020 | 08:45 WIB
Cara Cegah Kerusakan Laptop Akibat Terkena Air
Cara Cegah Kerusakan Laptop Akibat Terkena Air

PENGGUNA perlu berhati-hati ketika menggunakan laptop yang posisinya dekat dengan segelas air minum. Kejadian yang tidak diharapkan mungkin saja terjadi, di mana gelas tersenggol dan menumpahkan air pada laptop.

Bila laptop sudah terkena, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk menyelamatkan laptop dari kerusakan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika laptop terkena air, seperti dikutip BB dari berbagai sumber.

  1. Matikan laptop segera dan cabut kabel yang menuju sumber listrik

Lakukan ini dengan menahan tombol daya di laptop. Apabila cairan bersentuhan dengan sirkuit saat laptop sedang menyala, kemungkinan besar laptop akan mengalami korsleting. Jadi, waktu merupakan hal yang sangat penting.

  1. Hilangkan sisa-sisa cairan dari laptop

Tindakan ini bertujuan meminimalkan jumlah cairan yang menempel pada laptop dan mengurangi risiko terjadinya korsleting.

  1. Balikkan laptop dan keluarkan baterai jika memungkinkan

Membalikkan laptop, menggeser panel yang ada di bagian bawah laptop, lalu menarik baterainya secara perlahan. Langkah ini tidak bisa diterapkan pada sejumlah lapto tanpa terlebih dulu membuka bagian bawah casing laptop.

  1. Lepaskan hardware eksternal

Cabut seluruh hardware eksternal. Beberapa item yang perlu dicabut di antaranya perangkat USB, kartu memori, pengontrol seperti mouse, pengecas laptop.

  1. Gunakan handuk

Tempatkan handuk di permukaan rata. Handuk tersebut digunakan untuk meletakkan laptop selama beberapa hari ke depan. Jadi, Anda perlu memilih tempat yang kering, hangat, dan tidak ada gangguan apa pun.

  1. Seka cairan yang dapat terlihat

Seka cairan yang terlihat dengan jelas. Beberapa area yang harus diseka adalah bagian belakang dan depan layar, casing, dan keyboard. Selalu hadapkan laptop ke bawah saat Anda melakukan tindakan ini agar cairan yang tersisa bisa mengalir ke bawah.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

WOW, iOS 16 dapat mengurangi Jejak karbon pada iPhone

Rabu, 14 September 2022 | 06:00 WIB
X