Dampak Menatap Layar Ponsel di Ruangan Gelap

- Rabu, 24 Juni 2020 | 12:03 WIB
Dampak Menatap Layar Ponsel di Ruangan Gelap
Dampak Menatap Layar Ponsel di Ruangan Gelap

PONSEL merupakan perangkat yang dipakai untuk menunjang pekerjaan atau komunikasi sehari-hari. Ponsel boleh jadi selalu digunakan sepanjang hari, bahkan ketika Anda sudah bersiap untuk tidur.

Saat ruangan kamar telah digelapkan, Anda mungkin masih mengecek apakah ada pesan atau email yang masuk. Lalu muncul pertanyaan, apakah berbahaya menatap layar ponsel dalam kondisi ruangan yang gelap?

Diambil dari berbagai sumber, kebiasaan bermain ponsel dalam kondisi minim cahaya harus dihentikan. Berikut ini beberapa bahaya yang bisa menanti apabila seseorang terbiasa melihat layar ponsel dalam gelap.

Kerusakan Retina Mata

Layar ponsel bisa memancaarkan sinar biru atau blue light, digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV), yakni sinar tampak dengan panjang gelombang yang relative pendek.

Paparan langsung sinar biru bisa menembus bagian luar mata hingga bagian dalam. Dengan demikian, kebiasaan menatap layar ponsel dalam gelap menimbulkan efek jangka panjang yang berbahaya terhadap kesehatan retina mata.

Tingkatkan Risiko Depresi

Memakai ponsel dalam kondisi ruangan gelap memungkinkan risiko lebih tinggi terkait depresi. Hal ini terjadi karena hormon melatonin yang terganggu akan mengacaukan jam tidur. Ini bisa mempengaruhi bagian otak yang berfungsi mengatur emosi serta tingkat kecemasan.

Tingkatkan Risiko Kanker

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

5 Earphone Olahraga Nirkabel Terbaik

Kamis, 6 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X