Terhambat Kasus Korupsi, Presiden Jokowi Perintahkan Proyek BTS Kemenkominfo Dilanjutkan

- Rabu, 24 Mei 2023 | 07:00 WIB
alasan Presiden proyek BTS harus berlanjut untuk menghindari kerugian di masyarakat. (dok kejaksaan.go.id)
alasan Presiden proyek BTS harus berlanjut untuk menghindari kerugian di masyarakat. (dok kejaksaan.go.id)

Bisnisbandung.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) Perintahkan supaya proyek Base Transceiver Station (BTS) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus diteruskan yang sempat terhambat kasus korupsi. Hal itu dikatakan Plt Menkominfo Mahfud MD saat menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka.

Mahfud menjelaskan, alasan Presiden proyek BTS harus berlanjut untuk menghindari kerugian di masyarakat. Presiden memandang, BTS benar-benar diperlukan sebagai infrastruktur telekomunikasi.

"Karena ini telah dibuat sebagai taktik peraturan strategis pembangunan untuk servis masyarakat semenjak 2006. Dan telah jalan bagus sampai 2019," kata Mahfud dalam keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Tips Hemat Membeli Skincare untuk Para Pemula dan Mahasiswa Auto Glowing Tanpa Habis Uang

Mahfud menjelaskan, bila proyek BTS disetop karena itu warga akan dirugikan. Ditambah, penyediaan infrastruktur telekomunikasi BTS telah jadi keperluan masyarakat.

"Instruksi Presiden, tidak boleh diputus, upayakan itu jalan, upayakan semua kembali uangnya. Yang saat ini masih gelap di mana saja itu dan dioperasionalkan ke situ," sebut Mahfud selanjutnya.

Mahfud jamin, penegakan hukum akan diteruskan tegas pada beberapa pelaku korupsi proyek BTS. Sekarang ini proses hukum tengah berjalan di Kejaksaan Agung.

"Masalah proyeknya kelak kita mencari jalan supaya itu terus. Karena saya telah manggil mantan-mantan Menkominfo, 'Pak ini dahulu telah berjalan dengan baik dari tahun ke tahun sama sesuai agenda,'" kata Mahfud.

Mahfud bercerita proyek BTS telah jalan semenjak tahun 2006 dan berjalan mulus sampai 2019. Tetapi diketemukan permasalahan pada tahun anggaran 2020-2021 dengan penyediaan proyek BTS sebesar Rp28 triliun.

Baca Juga: Kok Tiba-Tiba Kulit Jadi Gelap Ya? Ini 5 Penyebab Kulit Menghitam Dan Pencegahannya

Maret 2023, Mahfud bercerita pemakai anggaran melapor ada 1.100 tower terlaksana dari 4.200 sasaran. Selanjutnya, dilaksanakan pemeriksaan oleh satelit dan hasilnya ada 958 tower.

Mahfud menjelaskan, penyidik di Kejaksaan Agung akan mencari aliran dana yang disalahgunakan dalam proyek penyediaan BTS. Dari kasus ini, Jampidsus Kejagung sudah memutuskan enam tersangka dari beragam lembaga.***

Editor: Alit Suwirya

Sumber: rri.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaesang Jadi Ketua Umum PSI, Ini Tanggapan Jokowi

Jumat, 29 September 2023 | 14:30 WIB
X