Jelas Perbedaannya! Kenapa Stadion Sepakbola di Pulau Jawa Lebih Megah Dibanding luar Jawa

- Selasa, 1 November 2022 | 11:00 WIB
Jakarta International Stadium berlokasi di Pulau Jawa yang belum lolos verifikasi PT LIB namun sudah memiliki standarisasi FIFA. (Tangkapan Layar Youtube Raja Drone ID)
Jakarta International Stadium berlokasi di Pulau Jawa yang belum lolos verifikasi PT LIB namun sudah memiliki standarisasi FIFA. (Tangkapan Layar Youtube Raja Drone ID)

Bisnisbandung.com - Sepak bola adalah sarana hiburan untuk masyarakat dan stadion adalah tempat yang nyaman untuk menyaksikan hiburan tersebut. Indonesia memiliki banyak sekali stadion khususnya di Pulau Jawa.

Mulai dari yang tidak ter-urus oleh pemerintah daerah hingga stadion yang memiliki standar internasional. stadion sepakbola adalah ciri khas dari suatu klub sepakbola yang ada di daerah tertentu misalnya Jawa.

Bahkan stadion juga bisa membawa nama baik daerah tersebut. Namun, ada perbedaan di beberapa stadion yang ada di indonesia terutama stadion yang ada di Pulau Jawa yang terkesan mewah dan diluar Pulau Jawa yang terkesan tertinggal.

Baca Juga: Tur Dunia, BLACKPINK Konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno Selama Dua Hari, Catat Tanggalnya!

1. Bermula dari keterlibatan klub pendiri Federasi sepakbola Tanah Air
Terdapat sejarah panjang dari federasi sepakbola di Indonesia, salah satunya terkait klub-klub pendiri.

Pulau Jawa menjadi pilihan destinasi sepakbola di Indonesia karena mempunyai 7 klub pendiri persatuan sepakbola se-Indonesia.

Bukan hanya itu, Pulau Jawa juga memiliki banyak stadion yang memenuhi standar kelayakan. diantaranya stadion Persija Jakarta, Persib Bandung, PSIM Jogjakarta, Persis Solo, PSM Madiun, PPSM Magelang, dan Persebaya Surabaya.

Baca Juga: Mewah dan Canggih, Berikut Daftar 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022 Yang Dapat Pujian Dari FIFA

Saat ini 4 diantaranya masih eksis di liga Indonesia seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Persis Solo, dan Persebaya Surabaya.

Halaman:

Editor: Ahmad Farizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erling Haaland Mencetak Hat-Trick untuk Man City

Senin, 23 Januari 2023 | 15:30 WIB
X