Komputer Super Cerdas Ciptakan Otak Tiruan

- Rabu, 10 Oktober 2018 | 12:06 WIB
maxresdefault
maxresdefault

APAKAH robot bisa dilengkapi dengan perasaan dan kesadaran? Untuk merealisasikan visi ini, ilmuwan perlu pusat pengontrolan yang berbasis dalam otak manusia.

Ini adalah sebuah proyek superlatif dan bertujuan untuk mengerti otak dan mensimulasikannya dalam komputer.

Alois Knoll dari Universitas Teknik München adalah salah satu dari banyak ilmuwan di Eropa yang berupaya mengungkap cara kerja otak.

"Ide dasar proyek Human Brain adalah: membuat simulasi komputer dari sebanyak mungkin fungsi otak hewan mamalia. Jadi langkah pertamanya, orang harus mengerti bagaimana semua ini berfungsi. Bagaimana cara neuron atau komponen otak berfungsi. Bagaimana mereka bekerjasama dan bagaimana meniru cara kerja mereka lewat komputer, yang pada dasarnya mengolah angka," ujar Knoll sebagaimana dikutip BB dari berbagai sumber, Jumat (8/10/2018).

Jika dibandingkan dengan otak manusia, otak tikus dengan 70 juta neuron sangat kecil, tapi strukturnya serupa.

Jadi, langkah pertama adalah simulasi otak tikus yang tidak terlalu rumit. Dan dikaitkan dengan pertanyaan, bagaimana otak menyampaikan informasi ke tubuh virtual.

Otak memproses impresi dari sensor dan menghasilkan komando biologis yang, misalnya, menyulut reaksi emosi. Bagaimana jalan proses ini?

Untuk mereproduksi otak manusia yang punya 100 miliar neuron, harus diproduksi lebih dari satu superkomputer raksasa baru.

Dengan prosesor 150.000, apa yang disebut SuperMUC di München adalah salah satu komputer paling besar di dunia. Dan itu saja tidak cukup untuk simulasi otak manusia.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polri: Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:15 WIB

Hadiah Terbaik untuk Hari Ibu, No 3 Paling Manjur

Rabu, 21 Desember 2022 | 20:50 WIB

Siapakah Penghuni Pertama Ibu Kota Nusantara (IKN)?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
X