Kerupuk Pilus Khas Rongga Bandung Barat Dimasak Dengan Cara Disangrai Menggunakan Pasir

- Selasa, 5 Juni 2018 | 11:45 WIB
pilus 2
pilus 2

Bandung Barat merupakan kabupaten termuda di wilayah Provinsi Jawa Barat. Wilayahnya berbatasan langsung dengan daerah Kabupaten Bandung dan Cianjur.

Tidak jauh berbeda dengan wilayah lainnya di Jawa Barat,daerah ini di anugerahi  sumber kekayaan alam melimpah.Secara umum wilayah kabupaten Bandung Barat di dominasi oleh lahan pertanian terutama persawahan.

Maka tidaklah mengherankan mayoritas penduduk di wilayah ini bermata pencaharian sebagai petani.Salah satu wilayah kecamatan yang termasuk dalam wilayah kabupaten ini ialah kecamatan Rongga,letaknya berada di selatan pusat kota Bandung Barat.

Aksebilitas menuju daerah ini bisa di katakan sudah bisa di lalui oleh berbagai jenis kendaraan.Meskipun di beberapa jalur jalanan menuju ke Rongga belum begitu mulus.

Secara topografi daerah ini di dominasih pegunungan dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani.Selain sebagai petani,ternyata sebagian masyarakat di kecamatan ini ada juga yang bergerak di sektor ekonomi kreatif.

Perputaran uang dari sektor ini ternyata sanggup menggerakan roda perekonomian masyarakat.Salah satu industri kecil dengan pertumbuhan cukup bagus ialah industri pembuatan kerupuk pilus.

Tidak di ketahui dengan pasti sejak kapan pembuatan krupuk di wilayah ini dimulai yang jelas saat ini hampir di semua wilayah Rongga bertebaran industri penganan berbahan dasar tepung tapioka.

Beberapa waktu lalu kami menyambangi salah satu pembuat krupuk  ,masyarakat setempat menyebut krupuk dengan bentuk bulat serta memanjang ini dengan sebutan krupuk pilus.

Proses pembuatan krupuk ini memerlukan waktu yang cukup lama, pertama tepung tapioka di masak hingga bentuknya menyerupai bubur,selama proses pemasakan diberi tambahan  garam secukupnya.Setelah tepung berbentuk bubur kemudian di diamkan,proses selanjutnya bubur tepung ini di campur dengan tepung kering.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polri: Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:15 WIB

Hadiah Terbaik untuk Hari Ibu, No 3 Paling Manjur

Rabu, 21 Desember 2022 | 20:50 WIB

Siapakah Penghuni Pertama Ibu Kota Nusantara (IKN)?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
X