Mengapa Harga Properti Tak Pernah Turun?

- Sabtu, 6 Januari 2018 | 15:45 WIB
ilustrasi-penilaian-properti-2-ist
ilustrasi-penilaian-properti-2-ist

MEMILIH produk properti yang diharapkan dapat memberikan kenaikan modal secara agresif memang butuh kejelian. Dan salah satu produk properti yang terbilang agresif adalah apartemen.

Bukan rahasia umum lagi jika harga properti selalu naik tiap tahun (bahkan per tiga bulan), meski kondisi perekonomian suatu negara tengah kurang stabil. Inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan para investor dan spekulan untuk terjun ke bisnis properti.

Alasan lainnya, keuntungan yang didapatkan dari sektor bisnis ini juga berganda, dari kenaikan harga tanah atau capital gain dan kenaikan harga penggunaan atau sewa pertahun (rental yield).

Namun di tengah optimisme pasar properti yang diperkirakan reborn pada tahun depan, seperti dikutip dari Rumah.com Property Outlook 2018, terungkap beberapa penyebab yang patut dipertimbangkan kenapa investasi properti lebih menjanjikan untung dibanding unit investasi lain.

Kebutuhan terhadap tempat tinggal terus bertambah dari tahun ke tahun. Namun, pasokan tanah di muka bumi tidak bertambah, bahkan berkurang. Oleh karena itu, sesuai hukum supply and demand, situasi tersebut membuat kenaikan kebutuhan dan harga-harga properti dari tahun ke tahun.

Bertambahnya Jumlah Penduduk

Jumlah populasi manusia di bumi yang terus membengkak dan tidak dibarengi dengan perluasan tanah membuat harga properti terus naik dari tahun ke tahun. Begitu juga populasi di kota-kota besar di Indonesia.

Inflasi dan Efek Infrastruktur

Dikutip BB dari Rumah.com, setiap tahun terjadi inflasi. Meski presentasenya berbeda-beda tetapi memengaruhi sektor-sektor lain seperti tingkat suku bunga, percepatan kredit pinjaman, harga bahan bakar, harga-harga kebutuhan pokok, tak terkecuali harga properti.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Polri: Jalur Selatan Bisa Jadi Alternatif Jalur Mudik

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:15 WIB

Hadiah Terbaik untuk Hari Ibu, No 3 Paling Manjur

Rabu, 21 Desember 2022 | 20:50 WIB

Siapakah Penghuni Pertama Ibu Kota Nusantara (IKN)?

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:00 WIB
X