Dorong Pemulihan Ekonomi, IA ITB Jawa Barat Gandeng HIPMI Jawa Barat

- Jumat, 26 November 2021 | 16:12 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi, IA ITB Jawa Barat Gandeng HIPMI Jawa Barat
Dorong Pemulihan Ekonomi, IA ITB Jawa Barat Gandeng HIPMI Jawa Barat

BISNIS BANDUNG - Dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi di Jawa Barat pasca pandemi Covid19, Ikatan Alumni ITB (IA TB) Jawa Barat menjalin kerjasama dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI) Jawa Barat. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) MoU kerjasama antara HIPMI Jabar dan IA ITB Jabar berlangsung di Gedung Bandung Creative Hub pada hari Jumat, 26 November 2021. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala DPMPTSP Kota Bandung, Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, jajaran pengurus IA ITB Jabar dan HIPMI Jabar.

Dalam sambutannya, Ketua HIPMI Jabar, Surya Batara menekankan peran kerjasama ini dalam rangka mendorong investasi, UMKM, agrobisnis, pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Barat. Baik anggota HIPMI Jabar maupun IA ITB Jabar masing-masing telah memiliki bidang usaha di sektor-sektor terkait, sehingga adanya kolaborasi memungkinkan pengembangan usaha dilakukan secara lebih baik lagi.

“Pengusaha anggota HIPMI diharapkan dapat membantu memasarkan karya inovatif yang dibuat oleh alumni ITB sehingga ada nilai tambah ekonomi”, ujar Surya.

Optimalkan Penta Helix

Ketua IA ITB Jawa Barat, Jalu Priambodo dalam sambutannya setelah penandatangan MoU mengajak berbagai elemen untuk melakukan kolaborasi dalam mendorong pemulihan ekonomi. Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, namun juga membutuhkan peran serta akademisi, pengusaha, media massa dan masyarakat sipil atau yang dikenal sebagai penta helix.

“IA ITB Jawa Barat bisa menjadi jembatan bagi berbagai elemen dalam melakukan kolaborasi, sebab alumni ITB banyak tersebar di sektor usaha, akademik, pemerintahan maupun media massa” ujar Jalu. Lebih jauh, komisioner KPID Jawa Barat ini juga berharap  melalui MoU ini IA ITB Jabar dapat mendekatkan karya-karya dari kampus dengan dunia usaha. “Ada irisan antara HIPMI Jabar dan  IA ITB Jabar, yakni sama-sama memiliki keinginan mendorong usaha berbasis teknologi”, tambahnya.

Kepala DPMPTSP Kota Bandung, Ronny Ahmad Nurudin turut menyambut kerjasama antara HIPMI Jabar dan IA ITB Jabar dan berharap bahwa kerjasama ini bisa mendorong investasi, khususnya di Kota Bandung sebagai pusat industri kreatif di Jawa Barat. Dalam kesempatan sama, Sekretaris Disbudpar Kota Bandung, Tantan juga mengajak IA ITB Jabar dan HIPMI Jabar dalam mendorong 17 subsektor ekonomi kreatif dengan memanfaatkan Gedung Bandung Creative Hub.

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X