Kisah Anak Berkebutuhan Khusus Belajar Hafal Al-Quran

- Sabtu, 8 Mei 2021 | 20:15 WIB
32003
32003

Keterbatasan fisik tidak menyurutkan semangat anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Cianjur, dalam menghafal Al-quran. Di Yayasan Pendidikan Islam Al-Azami Cianjur, anak-anak belajar menghafal al-quran dengan beberapa metode khusus.

Lantunan ayat suci Al-qur'an menjadi keseharian anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Al-Azami, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur. Ditengah keterbatasan fisik, mereka begitu semangat menghafal ayat demi ayat yang ada di dalam Al-qur'an. Bahkan, kemampuan mereka begitu luar biasa, karena rata-rata anak sudah bisa menghafal paling sedikit 4 juz al-qur'an. Dibantu para guru, setiap harinya anak-anak menambah hafalan dengan beberapa metode yang berbeda. Mulai dengan metode pendengaran, metode braile, serta isyarat. anak-anak dengan cepat belajar dan menghafal ayat-ayat Al-qur'an, bahkan dengan lantunan suara yang begitu indah. salah satunya seorang tuna netra, Haidar  Amruu Zahran, berusia 8 tahun, yang terdengar pandai melantunkan ayat suci al-qur'an. Haidar atau yang akrab disapa Habib, begitu cepat belajar dan menghafal Al-qur'an. Bahkan ia bisa meneruskan potongan ayat dari sang guru, tanpa diberitahu nama surat dan nomor ayat. Habib mempunyai cita-cita mulia menjadi seorang hafidz qur'an, agar kelak bisa memberi mahkota bagi kedua orang tuanya di surga.

Untuk kelas tuna netra, metode yang diberikan yakni dengan Al-qur'an braile serta metode pendengaran, sehingga anak bisa meniru dan menghafal ayat demi ayat yang dibacakan sang guru.

Selain itu di kelas tuna rungu, anak-anak belajar membaca Al-qur'an dengan metode isyarat yang diajarkan oleh sang guru. bahkan anak-anak tersebut pun diajarkan untuk menulis huruf hija’iyah, hingga menulis ayat al-qur'an. Tak sekedar menghafal, tetapi juga dengan belajar al-qur'an, anak-anak diharapkan bisa mentadaburinya dan memiliki akhlak mulia dari Al-qur'an. Anak-anak berkebutuhan khusus yang belajar al-qur'an di tempat tersebut, rata-rata berusia 7 sampai 19 tahun.

 Heri Setiawan , Bandung Tv .,

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Ingin Hemat? Saatnya Beralih Ke Motor Listrik

Senin, 28 November 2022 | 18:00 WIB

IA-ITB Tanggap Darurat Bencana gempa Cianjur

Sabtu, 26 November 2022 | 21:40 WIB

Meningkatnya Industri Manufaktur Indonesia

Sabtu, 26 November 2022 | 12:00 WIB

8 Momen Seru Gala Dinner KTT G20 Yang Tak Terlupakan

Kamis, 17 November 2022 | 17:00 WIB
X